9 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Gigi, Mudah Dikunyah

Rabu, 04 Januari 2023 - 17:57 WIB
loading...
9 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Gigi, Mudah Dikunyah
Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit mulut atau sakit gigi. Salah satunya adalah dengan makan (dan tidak makan) makanan tertentu. Foto/Ilustrasi/
A A A
JAKARTA - Sakit gigi merupakan hal yang paling tak nyaman yang bisa dirasakan secara fisik. Sakit gigi adalah suatu kondisi ketika bagian dalam atau sekitar gigi dan rahang terasa sakit atau nyeri. Umumnya sakit gigi merupakan gejala akibat penyakit pada gigi atau gusi.

Selain prosedur gigi dan obat-obatan, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit mulut atau sakit gigi. Salah satunya adalah dengan makan (dan tidak makan) makanan tertentu. Berikut adalah penjelasannya, dilansir dari Dental House, Rabu (4/1/2023).

Penyebab Sakit Gigi

Ada berbagai alasan mengapa seseorang merasakan sakit gigi. Bisa karena gigi berlubang atau abses mulut. Prosedur gigi seperti profilaksis oral (pembersihan gigi) juga dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif. Pencabutan gigi dan operasi lainnya juga dapat menyebabkan sakit gigi selama masa pemulihan.

Sakit gigi disebabkan oleh peradangan pada bagian tengah gigi, yang disebut pulpa. Peradangan dan infeksi gusi juga bisa membuat sakit gigi karena gusi mengelilingi gigi. Saat gusi meradang atau teriritasi, otomatis akan berpengaruh pada gigi.



Gejala Umum Sakit Gigi

Sakit gigi bisa langsung dirasakan begitu gusi di sekitar gigi meradang atau bengkak. Anda mungkin merasakan sakit yang tajam, berdenyut, dan terasa secara keseluruhan di sekitar gigi.

Sakit kepala dan demam mungkin dapat terjadi yang menyertai sakit gigi, dan mungkin menimbulkan rasa tidak nyaman di mulut yang berasal dari gigi yang mungkin terinfeksi.

Anda juga akan merasakan nyeri saat mengunyah, terutama saat mengonsumsi makanan dan minuman panas atau dingin. Ketika Anda melihat gejala-gejala ini, dan terus berlanjut, penting untuk memeriksakannya ke dokter gigi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)