5 Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Boleh Disepelekan

Senin, 09 Januari 2023 - 07:08 WIB
loading...
5 Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Boleh Disepelekan
Gejala awal batu ginjal tidak boleh disepelekan. Batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal disebabkan ketika mineral menumpuk. Foto/Loyola Medicine
A A A
JAKARTA - Gejala awal batu ginjal tidak boleh disepelekan. Batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal disebabkan ketika mineral terlarut menumpuk di dalam ginjal.

Mereka dapat pindah ke saluran kemih dan di situlah dapat menyebabkan masalah. Batu gijal cukup umum dan cenderung berjalan dalam keluarga. Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada perkembangan batu ginjal.

Di antaranya kurang minum air, makanan tertentu dan riwayat penyakit. Batu ginjal mungkin kecil dan muncul tanpa disadari melalui saluran kemih, tetapi beberapa tumbuh seukuran golf.

Batu ginjal dapat terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urine mengandung terlalu banyak zat tertentu. Batu kalsium merupakan jenis yang paling umum dari batu ginjal. Berikut gejala awal batu ginjal dilansir dari Times of India, Senin (9/1/2023).



1. Nyeri di Perut Bagian Bawah Satu Sisi atau Punggung

Nyeri mendadak di perut bagian bawah atau satu sisi tubuh bagian atas atau di sekitar punggung bisa menjadi salah satu gejala awal batu ginjal.

2. Sensasi Menyakitkan saat Buang Air Kecil

Jika Anda mengalami rasa sakit saat buang air kecil atau merasakan inflasi, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

3. Urine Berubah Warna
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2461 seconds (0.1#10.140)