5 Manfaat Yogurt yang Mengesankan untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Tak Disangka

Senin, 09 Januari 2023 - 14:41 WIB
loading...
5 Manfaat Yogurt yang Mengesankan untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Tak Disangka
Yogurt merupakan produk susu populer yang dibuat oleh fermentasi bakteri susu. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Yogurt merupakan produk susu populer yang dibuat oleh fermentasi bakteri susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt disebut "kultur yogurt", yang memfermentasi laktosa, gula alami ditemukan dalam susu.

Proses ini menghasilkan asam laktat, zat yang menyebabkan protein susu mengental, memberikan yoghurt rasa dan tekstur yang unik.

Yogurt bisa dibuat dari semua jenis susu. Varietas yang terbuat dari susu skim dianggap bebas lemak, sedangkan pilihan susu murni dianggap penuh lemak.

Yogurt polos tanpa tambahan pewarna adalah cairan kental berwarna putih dengan rasa tajam. Berikut adalah lima manfaat kesehatan berbasis sains dari yogurt alami yang dilansir dari Healthline,Senin(9/1/2023).



1. Kaya akan nutrisi penting

Yogurt mengandung sebagian dari hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Yogurt mengandung banyak kalsium, mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Hanya satu cangkir yogurt menyediakan 49% dari kebutuhan kalsium harian.

Selain itu juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat melindungi dari penyakit jantung dan cacat lahir tabung saraf tertentu.

Adapun kandungan vitamin D, yang meningkatkan kesehatan tulang dan sistem kekebalan serta dapat mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan depresi.

2. Tinggi protein

Yogurt memberikan jumlah protein yang mengesankan, dengan sekitar 227 gram. Protein terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

Mendapatkan cukup protein juga penting untuk mengatur nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Hal tersebut dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk manajemen berat badan.

3. Bermanfaat bagi kesehatan pencernaan

Beberapa jenis yogurt mengandung bakteri hidup, atau probiotik, yang merupakan bagian dari kultur starter atau ditambahkan setelah pasteurisasi. Ini memungkinkan memberi manfaat bagi kesehatan pencernaan saat dikonsumsi.

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar (IBS), gangguan umum yang mempengaruhi usus besar.

4. Yogurt dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi yogurt, terutama jika mengandung probiotik - secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tertular sumber penyebab penyakit.

Probiotik diketahui berpotensi mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus.

Penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, probiotik juga dapat membantu mengurangi kejadian, durasi, dan tingkat keparahan flu biasa.

5. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Kandungan lemak yogurt menjadi salah satu alasan mengapa kesehatannya sering diperdebatkan. Sebagian besar mengandung lemak jenuh, dengan sejumlah kecil asam lemak tak jenuh tunggal.

Sebelumnya, lemak jenuh diyakini menyebabkan penyakit jantung, namun penelitian saat ini menunjukkan bahwa ada hal yang lebih rumit.

Namun demikian, jenis yogurt bebas lemak dan rendah lemak masih populer di Amerika Serikat. Saat membahas kesehatan lemak jenuh, penting untuk diingat dari mana asal dan jenis lemak yang menggantikannya.

Pola makan yang mengandung lemak jenuh dari produk susu penuh lemak, seperti yogurt, tidak akan memberikan hasil yang sama seperti lemak jenuh dari makanan cepat saji olahan.

Ada kekurangan bukti jelas bahwa lemak dalam yogurt berbahaya bagi kesehatan Anda. Faktanya,lemak ini mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam beberapa hal, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)