5 Cara Mencegah Migrain, Nomor Terakhir Ampuh Atasi Kecemasan dan Depresi

Selasa, 10 Januari 2023 - 14:15 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Migrain, Nomor Terakhir Ampuh Atasi Kecemasan dan Depresi
Migrain merupakan kondisi nyeri yang berdenyut di bagian kepala dan biasanya terjadi hanya pada satu sisi saja. Foto/Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Migrain merupakan salah satu kondisi yang sering dirasakan oleh banyak orang. Kondisi nyeri yang berdenyut yang kerap dirasakan di bagian kepala dan biasanya terjadi hanya pada satu sisi saja.

Kadang migrain ini terjadi dalam waktu singkat tetapi juga terjadi dalam kurun waktu yang lumayan lama. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, berikut adalah 5 langkah sederhana untuk mencegah rasa sakit akibat migrain yang yang dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (10/1/2023)

1. Cari Tempat yang Tenang

Sesaat merasakan migrain, istirahatlah dan menjauhlah dari apa pun yang Anda lakukan jika memungkinkan dan lakukan beberapa hal-hal berikut ini

- Padamkan lampu. Cahaya dan suara dapat memperparah nyeri migrain. Bersantailah di ruangan yang gelap dan sunyi dan cobalah untuk tidur jika Anda bisa.



- Coba terapi suhu. Oleskan kompres panas atau dingin ke kepala atau leher Anda. Es memiliki efek mati rasa, yang dapat menghilangkan rasa sakit. Mandi air hangat atau berendam kemungkinan memiliki efek yang serupa.

- Cicipi minuman berkafein. Dalam jumlah kecil, kafein sudah bisa meredakan nyeri migrain pada tahap awal. Kafein juga dapat meningkatkan efek pereda nyeri dari acetaminophen (Tylenol, lainnya) dan aspirin.

Namun berhati-hatilah. Minum terlalu banyak kafein terlalu sering dapat menyebabkan sakit kepala yang lebih hebat di kemudian hari. Selain itu mengkonsumsi kafein terlalu larut di siang hari dapat mengganggu tidur Anda di malam haru, yang dapat mempengaruhi migrain.

2. Tidur Nyenyak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)