alexametrics

Menakar Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan

loading...
Menakar Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan
Jamur Cordyceps Militaris merupakan salah satu bahan natural terbaik untuk memperkuat imunitas tubuh. Foto/Freepik
A+ A-
JAKARTA - Cordyceps Militaris merupakan jamur yang disinyalir memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama karena sifatnya sebagai antivirus. Jamur ini sebetulnya bersifat parasit, khususnya pada serangga dan artropoda lain.

Cordyceps yang sudah dikeringkan, sejak berabad lalu telah digunakan sebagai pengobatan tradisional China. Dari 400 spesies Cordyceps yang ditemukan, dua di antaranya menjadi fokus penelitian. Yaitu Cordyceps Sinensis dan Cordyceps Militaris. (Baca Juga: Pakai Face Shield Tanpa Masker Tak Berikan Perlindungan Maksimal)

Suplemen dan produk yang mengandung ekstrak Cordyceps kini tengah naik daun karena manfaat kesehatannya yang beragam. Beberapa khasiat kesehatan yang dimiliki jamur ini di antaranya meningkatkan performa olahraga, antiaging, memperlambat pertumbuhan tumor, menjaga kadar gula darah, antiinflamasi, dan menjaga kesehatan jantung. Bahkan di China, Cordyceps telah disetujui dalam pengobatan aritmia (gangguan irama jantung).

Dikutip dari laman Webmd, Cordyceps dapat meningkatkan imunitas dengan menstimulasi sel dan zat kimia tertentu di dalam sistem imunitas tubuh.



Dibenarkan oleh Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya Prof. Widodo, S.Si, M.Si, Ph.D.Med.Sc dalam kajian yang ia lakukan, bahwa Cordyceps Militaris merupakan salah satu bahan natural terbaik untuk memperkuat imunitas tubuh.

“Karena mengandung cordycepin, adenosin, dan polisakarida,” ujar Prof. Widodo dakam edukasi media yang diadakan PT Kalbe Farma lewat Divisi Kalbe Consumer Health dengan produk Health & Happiness (H2).



Ketiga kandungan tersebut, sambungnya, menjadi paket komplet yang membuat jamur Cordyceps Militaris berpotensi sebagai antivirus dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien COVID-19.

“Selain itu beberapa referensi juga menyebutkan, karena kandungan adenosinenya, jamur Cordyceps memiliki potensi untuk mengurangi gejala sesak atau ganguan pernapasan,” tambah Prof. Widodo.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak