Sebelum Berolahraga, Kesehatan Jantung Sangat Penting Diperhatikan

Jum'at, 13 Januari 2023 - 14:19 WIB
loading...
Sebelum Berolahraga, Kesehatan Jantung Sangat Penting Diperhatikan
Agar olahraga yang dilakukan semakin bermanfaat, penting bagi Anda untuk rutin check-up jantung untuk mencegah henti jantung. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Rutinitas yang padat bukan jadi alasan untuk tidak olahraga . Menurut American Heart Association, orang dewasa perlu berolahraga dengan intensitas sedang 150 menit per minggu.

Olahraga yang teratur dan dilakukan dengan tepat terbukti menyehatkan jantung . Kendati demikian, agar olahraga yang dilakukan semakin bermanfaat, penting bagi Anda untuk rutin check-up jantung untuk mencegah henti jantung.

"Kesehatan jantung harus diperhatikan sebelum berolahraga agar menurunkan risiko terjadinya henti jantung saat berolahraga. Itu kenapa penting melakukan check-up jantung," ungkap Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Mayapada Hospital Tangerang, dr. Aron Husink, SpJP(K), dalam keterangan persnya, Jumat (13/1/2023).

Baca juga: Ramai Kasus Keracunan Chiki Ngebul, Begini Kata Mantan Petinggi WHO

Check-up jantung yang dimaksud bisa berupa treadmill test yang merupakan salah satu cara check-up jantung guna mempersiapkan kondisi prima saat berolahraga secara umum.

"Check-up jantung treadmill test akan melihat hingga sejauh mana Anda bisa berolahraga dan kebutuhan jenis olahraga yang tepat, sebelum memutuskan ingin berolahraga secara intens," ungkapnya.

Jenis olahraga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan seseorang. Walupun demikian, secara umum olahraga dapat meningkatkan imun tubuh dan kebugaran tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit atau terserang virus penyakit.

Namun, ada risiko cedera akibat minimnya pemahaman soal gerakan olahraga atau kondisi fisik Anda sendiri. Sekali lagi, di sini pentingnya peran check-up jantung dan juga konsultasi dengan dokter untuk meminimalisir kondisi yang tak diinginkan.

Baca juga: 5 Makanan Pantangan Penderita Stroke dan Serangan Jantung, Nomor 3 Dikonsumsi Setiap Hari

"Akan sangat baik jika sebelum berolahraga untuk melakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan Anda aman dari cedera," terang Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Taufan Favian Reyhan, SpKO.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2682 seconds (0.1#10.140)