Rayakan Ramadhan, Instagram Luncurkan Kampanye #MonthofGood

Selasa, 28 April 2020 - 15:30 WIB
loading...
Rayakan Ramadhan, Instagram Luncurkan Kampanye #MonthofGood
Penggunaan kata donasi di Indonesia telah meningkat hingga 300% dalam satu bulan terakhir. Ini yang menjadi inspirasi Instagram untuk meluncurkan kampanye #MonthOfGood. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komunitas global Instagram menggunakan media sosial ini untuk mengekspresikan diri, terhubung dengan orang serta hal yang mereka cintai, dan membagikan momen-momen penting. Termasuk momen Ramadhan dan Idul Fitri.

Di tengah pandemi COVID-19, Ramadhan tahun ini menjadi sedikit berbeda. Instagram berkomitmen untuk membantu para pengguna tetap bisa menjalankan tradisi Ramadhan mereka meskipun harus berada #dirumahaja dengan meluncurkan kampanye #MonthofGood atau #BulanPenuhKebaikan.

Melalui kampanye tersebut Instagram mengajak seluruh penggunanya, termasuk pengguna di Indonesia, untuk mengingat hal-hal baik dan berbagi kebaikan dengan orang ataupun kerabat terdekat mereka di Instagram.

“Data internal Instagram menunjukkan bahwa penggunaan kata “donasi” di Indonesia telah meningkat hingga 300% dalam satu bulan terakhir menjelang Ramadhan tahun ini. Hal itulah yang menjadi salah satu inspirasi kami untuk meluncurkan kampanye #MonthOfGood. Kami ingin mendorong pengguna semakin gencar berbagi konten kebaikan yang bersifat gotong-royong dan kolaborasi, terutama di tengah pandemi seperti ini,” kata Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik melalui siaran resminya.

Sebagai bagian dari kampanye #MonthofGood, Instagram untuk pertama kalinya meluncurkan AR Filter Ramadhan di Indonesia bertema “Rayakan di Instagram” yang mulai tersedia pada 23 April 2020. AR Filter Ramadhan ini merupakan hasil kerja sama Instagram dengan kreator lokal Noorman Fakhrizal (@karetsatu), di mana @karetsatu menciptakan dua buah AR filter RAYAkandiInstagram. Melalui peluncuran AR Filter ini, Instagram ingin mengajak para pengguna untuk tetap bisa mengekspresikan diri, berbagi kebaikan, bersilaturahmi secara virtual, serta menjalankan tradisi Ramadhan dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Untuk menggunakan AR Filter Ramadhan ini, para pengguna dapat melakukan beberapa langkah berikut.

1. Kunjungi profil @karetsatu dan tekan ikon “Smiley”
2. Cari filter RAYAkandiInstagram 1 dan RAYAkandiInstagram 2
3. Tekan “Try It” untuk mencoba kedua filter tersebut
4. Pastikan untuk menyimpan kedua AR Filter tersebut di galeri kamera Instagram Stories sehingga Anda dapat menggunakannya kembali di lain kesempatan.

Selain peluncuran AR Filter Ramadhan, Instagram juga mengadakan serangkaian sesi Instagram Live bertajuk “Ngabuburit di Instagram” bersama para selebriti serta konten kreator Tanah Air dimulai pada 27 April hingga 3 Mei 2020. Dalam program ini, para selebriti bakal membagikan berbagai ide kegiatan ngabuburit seru selama #dirumahaja seperti memasak, musik, olahraga, hingga makeup. Lebih dari sekadar berbagi inspirasi kegiatan ngabuburit, para selebriti ini juga akan mengajak penonton berdonasi untuk membantu masyarakat kecil yang terdampak COVID-19.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)