Kenali Cara Mudah Mengatasi Diare Gegara Salah Makan

Jum'at, 13 Januari 2023 - 16:50 WIB
loading...
Kenali Cara Mudah Mengatasi Diare Gegara Salah Makan
Diare merupakan intensitas pergi ke kamar mandi lebih sering dengan kondisi tinja encer dan berair. Foto/Ilustrasi/Best Life
A A A
JAKARTA - Secara umum segala penyakit berdatangan akibat pola makan yang kurang sehat. Makan secara sembarangan, bisa membuat seseorang mengalami sakit perut dan buang air besar atau diare .

Diare merupakan intensitas pergi ke kamar mandi lebih sering dengan kondisi tinja encer dan berair. Ketika seseorang mengalami diare dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

* Infeksi bakteri
* Sebuah virus
* Kesulitan mencerna hal-hal tertentu (intoleransi makanan)
* Alergi makanan (seperti penyakit alergi gluten) atau masalah makan
* Parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau air
* Reaksi terhadap obat-obatan
* Penyakit usus, seperti penyakit radang usus

Lantas bagaimana cara mengatasi diare gara-gara salah makan? Melansir laman HopkinsMedicinemengobati diare dalam kebanyakan kasus, perlu mengganti cairan yang hilang.



Diperlukan juga, anda harus minum obat untuk melawan infeksi, seperti antibiotik. Bisa juga anda minum obat diare tablet yang dijual di Apotek, sesuai aturan pakai.

"Jika diare tidak diobati, Anda berisiko mengalami dehidrasi. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kerusakan organ, syok, dan pingsan (kehilangan kesadaran) atau koma," keterangan dalam Hopkins Medicine.

Meskipun sebagian besar kasus diare sembuh sendiri (terjadi dalam jangka waktu tertentu dan tingkat keparahan beragam), terkadang diare bisa menyebabkan komplikasi serius.

Sebagaimana diketahui, diare dapat menyebabkan dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit (kehilangan natrium, kalium dan magnesium yang berperan penting dalam fungsi vital tubuh) dan gagal ginjal (tidak cukup darah/cairan yang disuplai ke ginjal) .

Sekadar informasi, siapapun bisa terkena diare. Tidak jarang banyak orang mengalami diare beberapa kali dalam setahun.

Namun, diare bisa menjadi serius pada kelompok orang tertentu, termasuk pada Anak muda, orang dewasa yang lebih tua (lansia) dan mereka yang memiliki kondisi medis.

Hal perlu dipahami bagi anak yang mengalami diare, orang tua atau pengasuh jangan ragu untuk menghubungi petugas kesehatan. Diare bisa sangat berbahaya pada bayi baru lahir dan bayi di bawah lima tahun (balita).
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)