5 Makanan Berprotein Pembentuk Otot, Nabati maupun Hewani

Jum'at, 13 Januari 2023 - 23:30 WIB
loading...
5 Makanan Berprotein Pembentuk Otot, Nabati maupun Hewani
Makanan turut berperan penting dalam pembangunan atau pembentukan massa otot. Foto Ilustrasi/via American Healthcare
A A A
JAKARTA - Ada berbagai macam faktor yang bisa membentuk otot Anda. Tidak hanya melakukan latihan fisik yang berfokus untuk membesarkan massa otot, makanan juga turut berperan penting dalam pembangunan atau pembentukan massa otot.

Berikut adalah lima makanan berprotein yang membantu membentuk otot, dilansir dari CNET, Jumat(13/1/2023).

1. Telur

Telur sangat kaya nutrisi, mulai lemak, protein, termasuk campuran vitamin yang kuat seperti B12, B6, dan thiamin. Yang paling penting adalah, telur juga mengandung leusin dosis tinggi. Asam amino ini dikenal karena kehebatannya dalam membangun otot.



2. Ikan

Jika Anda sudah mendapatkan cukup lemak dalam makanan tetapi perlu meningkatkan asupan protein, tidak perlu mencari yang lain selain ikan.

Ikan adalah salah satu sumber protein tanpa lemak terbaik yang bisa Anda makan, dan penuh dengan vitamin serta mineral lain. Ikan dikemas dengan asam lemak omega-3. Omega-3 juga dapat meningkatkan kinerja otot dan membantu mencegah hilangnya massa otot.

Salmon dan tuna adalah pilihan makanan pembentuk otot yang sangat baik.

3. Kacang

Saat dimakan dalam jumlah sedang, kacang adalah pilihan yang sangat baik untuk membangun otot. Camilan lezat ini menawarkan perpaduan sempurna antara protein, lemak, dan serat, menjadikannya salah satu cara paling seimbang untuk melengkapi latihan.

Namun, harus tetap berhati-hati, karena banyak kacang (termasuk kacang tanah, yang sebenarnya adalah polong-polongan), mengandung kalori yang tinggi. Untuk pilihan paling kaya nutrisi, cobalah almond atau kenari.



4. Kedelai

Jika Anda mencoba membentuk otot dengan pola makan tanpa daging, kedelai harus menjadi salah satu teman terdekat.

Kedelai adalah salah satu legum paling padat nutrisi yang bisa dikonsumsi, serta mengandung protein yang kuat untuk membantu membangun otot. Kedelai mengandung sembilan asam amino esensial, yang menjadikannya salah satu sumber protein nabati terbaik.

5. Greek Yogurt

Susu adalah sumber protein yang unik, karena menyediakan kombinasi whey protein yang cepat dicerna dan protein kasein yang lambat dicerna.

Saat dikonsumsi bersamaan, kedua jenis protein ini dapat meningkatkan dan memperpanjang proses sintesis protein, yang dilalui otot saat masa pemulihan.

Greek yogurt merupakan pilihan produk susu yang sangat bagus. Karena, mengandung protein dua kali lipat dibandingkan dengan yogurt biasa serta menawarkan manfaat kesehatan probiotik tambahan yang tidak bisa ditemukan dalam susu ataupun keju.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)