Redakan Kejang Otot dengan Mengonsumsi Ini

Minggu, 31 Mei 2020 - 01:21 WIB
loading...
Redakan Kejang Otot dengan Mengonsumsi Ini
Ada beberapa penyebab terjadinya kram otot seperti dehidrasi, ketegangan pada otot, mempertahankan posisi dalam waktu lama dan terlalu sering menggunakan otot. / Foto: ilustrasi/Active
A A A
JAKARTA - Kram atau kejang otot terjadi karena kontraksi otot yang tiba-tiba atau tidak disengaja. Biasanya kondisi ini terjadi dalam waktu singkat dan hilang dalam beberapa menit. Namun, dalam beberapa kasus kram otot menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Terdapat beberapa penyebab terjadinya kram otot seperti dehidrasi, ketegangan pada otot, mempertahankan posisi dalam waktu lama dan terlalu sering menggunakan otot. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan vitamin dan mineral tertentu seperti magnesium, vitamin D, kalium, natrium dan kalsium dapat meningkatkan risiko terjadinya kram otot.

Berikut sejumlah asupan tertentu yang dapat membantu mengurangi risiko kram atau kejang otot seperti dilansir laman Boldsky.

1. Air Kelapa

Air kelapa kaya akan kandungan elektrolit seperti natrium, kalium, magnesium dan kalsium yang dapat membantu mengurangi kram otot.

2. Pepaya

Pepaya mengandung kalium dan magnesium dalam jumlah yang sangat baik sehingga dapat membantu mengurangi kram otot.

3. Ikan

Pilihlan ikan berlemak seperti salmon dan sarden karena mengandung banyak nutrisi penting seperti kalsium, zat besi dan natrium yang dapat membantu meredakan kram otot.

4. Semangka

Semangka adalah sumber kalsium, magnesium, dan kalium yang baik. Selain itu, semangka adalah buah dengan kadar air yang tinggi dan membantu menghidrasi tubuh Anda sehingga meningkatkan fungsi otot secara keseluruhan.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium yang penting untuk fungsi otot.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2223 seconds (0.1#10.140)