Makanan Rendah Kalori Berikut Ini Cocok untuk Diet

Sabtu, 14 Januari 2023 - 18:33 WIB
loading...
A A A
Semangka memiliki kandungan air yang tinggi untuk membuat Anda tetap terhidrasi dan kenyang sambil memasok kalori dalam jumlah minimal. Mengonsumsi makanan dengan kepadatan kalori rendah, seperti semangka, telah terbukti memiliki efek yang sama pada perasaan kenyang dan lapar dibandingkan dengan makanan dengan kepadatan kalori tinggi.

3. Telur

Telur merupakan salah satu makanan rendah kalori tetapi kaya nutrisi penting. Satu telur mengandung sekitar 72 kalori, 6 gram protein, berbagai vitamin dan mineral penting. Studi menunjukkan, sarapan dengan satu porsi telur dapat meningkatkan rasa kenyang.

Studi lain juga menunjukkan sarapan berprotein tinggi dapat mengurangi ngemil, memperlambat pengosongan perut, dan menurunkan kadar ghrelin, yaitu hormon yang bertanggung jawab atas rasa lapar.

4. Popcorn

Popcorn menjadi salah satu makanan yang menyumbang rasa kenyang dengan kalori rendah. Selain rendah kalori, popcorn juga tinggi akan serat. Serat tidak hanya memperlambat proses pencernaan untuk meningkatkan rasa kenyang, tetapi juga dapat menstabilkan gula darah.

Namun, perlu diingat, manfaat ini berlaku untuk popcorn tanpa gula, atau yang hanya sedikit mengandung gula. Karena kandungan gula berlebih pada popcorn dapat meningkatkan kandungan kalori.

5. Ikan

Ikan kaya akan protein dan lemak yang menyehatkan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan, peningkatan asupan protein dapat menurunkan nafsu makan dan menurunkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar.

Terlebih lagi, protein ikan sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat kelaparan dan nafsu makan. Sementaraitu, ikan tanpa lemak seperti kod dan halibut memiliki kalori paling sedikit, ikan berkalori tinggi seperti salmon dan mackerel menyediakan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk kesehatan secara keseluruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)