alexametrics

Inilah 8 Gejala Diabetes Yang Anda Waspadai

loading...
Inilah 8 Gejala Diabetes Yang Anda Waspadai
Inilah 8 gejala diabetes yang harus Anda waspadai
A+ A-
Diabetes merupakan penyakit yang datang secara diam-diam. Bahkan penyakit ini kerap disebut sebagai the silent killer. Inilah yang membuat diabetes menjadi sulit teridentifikasi.

Sampai saat ini diabetes belum dapat disembuhkan. Namun penyakit ini dapat dikontrol apabila sudah dikenali gejalanya. Berikut beberapa gejala yang bisa dikenali yang dikutip dari bukuDiabetes and Meyang ditulis oleh Sidartawan Soegondo.

Inilah 8 Gejala Diabetes Yang Anda Waspadai


1. Diabetesi atau penderita diabetes kerap merasakan lelah, haus, lapar dan tubuh lemas. Keadaan ini disebabkan oleh hormon insulin yang tidak lagi aktif, sehingga gula darah sulit melewati membran sel dan terjadi penumpukan gula darah.

2. Diabetesi kerap buang air kecil. Bagi Anda yang tidak minum air banyak sebelum tidur, namun kerap buang air kecil, maka ini merupakan gejala diabetes. Hal ini biasanya terjadi di malam hari dengan frekuensi lebih dari tiga kali.

3. Pada diabetesi, gula yang dibawa dalam darah sulit diserap oleh tubuh. Tidak terserapnya gula tersebut banyak terbuang melalui urine. Hal ini membuat energi yang dibutuhkan tubuh pun tak terpenuhi. Dengan demikian diabetesi kerap merasa kantuk.

4. Kekurangan energi akibat gagalnya insulin mengubah gula menjadi energi, membuat tubuh tak berenergi. Tubuh selanjutnya akan memanfaatkan simpanan lemak dalam tubuh sebagai energi. Ini akan terus berlangsung hingga lemak tak bersisa dan menyebabkan berat badan berkurang.

5. Kulit diabetesi terlihat pucat dan kering akibat adanya kerusakan saraf tepi atau neuropati perifer. Hal ini memengaruhi sirkulasi dan fungsi kelenjar keringat. Kulit diabetesi pun akan gatal, kering dan mudah terinfeksi.

6. Dengan gagalnya insulin beroperasi, sistem kekebalan tubuh pun turut terkena dampaknya. Sehingga penyakit dari luar mudah menyerang, terutama luka di bagian kaki dan tangan.

7. Diabetesi akan mengalami penglihatan yang kabur. Hal ini disebabkan oleh berlebihnya kadar gula yang merusak pembuluh darah dan saraf mata. Tidak hanya itu, kadar gula yang tinggi juga memicu penarikan air di dalam sel melalui proses osmosis.

8. Saraf-saraf yang berada di tangan dan kaki juga terkena dampak dari berlebihnya kadar gula dalam darah. Efeknya adalah saraf tersebut berkurang kemampuannya untuk merasa. Diabetesi pun kerap merasakan kesemutan.

(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak