Tak Bisa Jauh dari HP? Awas Terjangkit Nomophobia!

Senin, 25 Juli 2016 - 08:17 WIB
Tak Bisa Jauh dari HP? Awas Terjangkit Nomophobia!
Tak Bisa Jauh dari HP? Awas Terjangkit Nomophobia!
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa orang yang tidak bisa jauh dari ponselnya menderita nomophobia. Di mana muncul kecemasan yang timbul saat tidak bisa menggunakan ponsel.

Parahnya, kondisi ini tidak bisa dianggap spele. Pasalnya, peneliti menilai, nomophobia bisa mengganggu kondisi psikologis dan hubungan sosial, sehingga membutuhkan rehabilitasi. Psikologis seseorang akan terganggu karena kecemasan yang berlebihan dapat mengubah suasana hati dan perasaan tidak aman.

Akibatnya, penderita nomophobia akan membatasi kontak dengan orang lain yang akan mengganggu aksesnya terhadap ponsel. Akibat menjamurnya ponsel pintar, hingga saaat ini penderita nomophobia pun semakin meningkat.

Penelitian ini melibatkan 1000 responden dan hasilnya menunjukkan, bahwa 66% dari data awal 53% mengaku takut kehilangan ponselnya. Responden berusia 18 hingga 24 tahun lebih banyak bergantung pada ponsel. Selain itu, 70% responden juga mengaku tidak nyaman jika berada jauh dari ponsel selama beberapa menit.

Sementara responden berusia 25 sampai 34 tahun tidak banyak bergantung pada ponsel dan sisanya, yaitu 68% juga menyatakan hal yang sama. Berikut tanda-tanda nomophobia yang dilansir dari prevention.

1. Tidak mampu menon-aktifkan ponselnya selama beberapa waktu.
2. Khawatir jika kehabisan baterai.
3. Terus-menerus memeriksa pesan, panggilan, email baru dan jejaring sosial.
4. Kerap membawa ponsel hingga ke kamar mandi karena terlalu cemas.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0389 seconds (0.1#10.140)