Kalbe Farma Gelar Kalbe Junior Scientist Award 2016

Senin, 25 Juli 2016 - 18:26 WIB
Kalbe Farma Gelar Kalbe Junior Scientist Award 2016
Kalbe Farma Gelar Kalbe Junior Scientist Award 2016
A A A
JAKARTA - PT Kalbe Farba Tbk kembali menggelar Kalbe Junior Scientist Awards (KJSA), sebuah kompetisi sains untuk siswa sekolah dasar, khususnya kelas 4-6. Acara yang digelar setiap tahun ini, melombakan kategori teknologi terapan, ilmu pengetahuan alam dan matematika.

"Kalbe Junior Scientist Award merupakan bagian dari komitmen Kalbe untuk terus berinovasi bagi kehidupan yang lebih baik. Program ini bertujuan menumbuh kembangkan kreatifitas anak di Indonesia," papar Head Corporate Communication dan CSR PT Kalbe Farma, Tbk, Herda Pradsmadji saat penjurian final KJSA di Desa Wisata TMII, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Dari 917 hasil karya yang masuk, dewan juri telah memilih 18 finalis KJSA yang saat ini diundang ke Jakarta untuk melakukan penjurian atas presentasi karya mereka. Sementara untuk penilaian terdiri dari beberapa kriteria, yaitu kreativitas hingga originalitas.

"Kriteria yang dipakai dalam penjurian adalah kreativitas inovasi, originalitas tanpa mengesampingkan nilai integritas. Artinya ide pembuatan karya merupakan ide dari anak didik sendiri," kata Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sekaligus Ketua Juri KJSA 2016, Dr. L.T. Handoko.

Hasil karya yang dihasilkan diantaranya, Pompa Sederhana Penekan Tahu (Pascalu), Biopori Reversible, Detektor Membaca Sehat (Tomat), Kandang Cerdas Teknologi Android, Alat Perontok Jagung Dan Pasah Singkong/Pisang, Tas Payung Serbaguna (Tangguna), Portable Tangki Air Wc Jongkok, Tarik Srek-Srek Papan Tulis Bersih dan ABC (Alarm Book Chores).

Ada juga Kancing Difable, Alat Pendeteksi Kesesuaian Buku dengan Jadwal Pelajaran, Smart Pencil Case, Kotak Pensil Pintar Beralarm yang Anti Ketinggalan dan Anti Kehilangan, hingga Tongkat Penuntun Surga.

"Hasil karya sains yang mereka hasilkan diharapkan menjadi solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi anak-anak di lingkungan mereka sendiri," pungkas Handoko.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9035 seconds (0.1#10.140)