Bahaya Mengunyah Permen Karet

Selasa, 27 Januari 2015 - 12:43 WIB
Bahaya Mengunyah Permen Karet
Bahaya Mengunyah Permen Karet
A A A
SIAPA yang tak kenal dengan permen karet, permen karet dianggap bermanfaat bagi kesehatan. Alasannya, karena rendah kalori dan dapat mengurangi nafsu makan serta dapat membantu mengurangi tingkat stres.

Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa permen karet memiliki beberapa efek samping yang mungkin tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping dari permen karet yang tidak baik untuk tubuh, sebagaimana dikutip Healthmeup.

1. Nafsu untuk Mengonsumsi Makanan Cepat Saji (Junk Food) Meningkat
Sebuah studi menemukan permen karet mint rasa mengurangi asupan seseorang dari makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, dan menyebabkan meningkatkan nafsu makan untuk makanan cepat saji seperti keripik dan permen.

Para peneliti menyimpulkan bahwa permen karet rasa mint menyebabkan buah-buahan dan sayuran menjadi pahit, Hal itu menyebabkan orang untuk memilih makanan yang tidak sehat

2. Menganggu Fungsi Otot di Tubuh
Permen karet dapat menyebabkan kondisi yang disebut gangguan sendi temporomandibular (TMJ), yang menyebabkan rasa sakit pada otot dan sendi yang menghubungkan tulang rahang Anda ke tengkorak Anda. hal itu dapat menganggu fungsi otot di tubuh.

3. Menyebabkan Masalah Pencernaan
Ketika mengunyah permen karet, maka cenderung menyebabkan masalah pencernaan. Lantaran menelan banyak udara, yang dapat menyebabkan sakit perut dan kembung, sehingga permen karet yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan manitol dapat menyebabkan diare. Bahkan Pemanis buatan dalam kandungan permen karet juga dapat mengakibatkan alergi, sakit kepala, dan iritasi.

4. Merusak Gigi
Banyak menyalahkan persepsi dengan mengunyah permen karet baik untuk kesehatan gigi, namun persepsi itu dinilai salah. Permen karet yang mempunyai rasa manis dan banyak kandungan gula akan menggenangi gigi dengan gula. Hal itu menyebabkan gigi mengalami pembusukan.

5. Berbahaya pada Tubuh
Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet melepaskan merkuri dan masuk dalam sistem pencernaan. Merkuri tersebut sangat berbahaya karena merkuri tersebut mengadung racun yang beracun bagi manusia.

6. Tidak Bagus untuk Kesehatan Kulit
Remaja yang mengunyah permen karet selama masa pubertas kemungkinan memiliki wajah tidak teratur dikembangkan di masa dewasa. Hal ini karena tindakan mengunyah permen karet merangsang tulang rahang dan otot-otot wajah, sehingga wajah lebih besar.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7001 seconds (0.1#10.140)