Minum Air Putih di Sela Makan Turunkan Berat Badan

Jum'at, 05 Juni 2015 - 10:44 WIB
Minum Air Putih di Sela Makan Turunkan Berat Badan
Minum Air Putih di Sela Makan Turunkan Berat Badan
A A A
Anda sedang menjalani program penurunan berat badan? Sebaiknya perhatikan asupan cairan ke tubuh Anda. Tidak hanya pola makan, asupan cairan ke tubuh setiap hari juga memengaruhi keberhasilan program diet.

"Bagi mereka yang sedang menjalani program diet sebaiknya minum air putih dulu. Sehingga volume makanan yang akan masuk bisa berkurang. Asupan kalori juga tidak akan berlebihan,"papar Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, Sri Sukmaniah di Jakarta.

Sri menyarankan untuk mengkonsumsi air putih menjelang makan dan di sela-sela makan. Menurutnya pola ini dapat membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. "Dengan minum air putih terlebih dahulu, asupan kalori yang masuk akan berkurang karena perut jadi terasa lebih cepat kenyang," ujarnya.

Meski membantu menurunkan berat badan, namun mengonsumsi air tidak dianjurkan secara berlebihan. Pasalnya, keadaan ini dapat memperberat kerja ginjal. "Kemampuan pengeluaran urine oleh ginjal normal maksimal hanya 600 mililiter per jam. Minum terlalu banyak juga tidak baik karena bisa memperberat kerja ginjal," pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7867 seconds (0.1#10.140)