Kisah Inspiratif Shalahuddin Al-Ayyubi

Senin, 29 Juni 2015 - 11:07 WIB
Kisah Inspiratif Shalahuddin Al-Ayyubi
Kisah Inspiratif Shalahuddin Al-Ayyubi
A A A
KISAH pembebas Baitul Maqdis, Shalahuddin Al-Ayyubi sangat inspiratif dan layak ditonton pada Ramadan ini. Serial ini dapat disaksikan di layar MNC TV setiap hari pukul 04.00.

Kisah ini tidak hanya memperlihatkan bagaimana hebatnya kepemimpinan Shalahuddin pada masa jayanya, juga banyak pesan moral yang diambil dari kisah-kisahnya.

Shalahuddin terkenal sebagai penguasa yang menunaikan kebenaran, pemimpin yang berani, santun, tegas, bersahabat, dicintai kawan, dan disegani lawan. Kisah hidupnya unik, menarik, dan layak dijadikan teladan terutama kisah ksatria dan kemuliaan hatinya, kontribusinya bagi Islam sangat besar. Direktur Program dan Produksi MNC TV Endah Hari Utari mengatakan, film seri Shalahuddin Al-Ayyubi sangat tepat sebagai pilihan pemirsa pada bulan Ramadan.

“MNC TV menjadikan Shalahuddin Al-Ayyubi sebagai salah satu program unggulan karena selain merupakan bagian dari sejarah islam kisahnya juga sarat akan pesan moral yang patut diteladani. Tayangan ini diharapkan dapat mengedukasi sekaligus menambah wawasan umat Islam,” katanya dalam acara Bedah Film Seri Shalahuddin Al- Ayyubi di Kantor Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Jumat (26/6). Menurut Endah, MNC TV siap menayangkan kembali tokoh-tokoh Islam yang bisa memberikan inspirasi keluarga terutama anakanak di jam-jam ketika orang tuanya ada.

“Kami sangat mengharapkan irama berdiskusi, di mana orang tua bisa mengajarkan anak-anaknya,” ujar Endah. Ketua Bidang Internasional MUI KH Muhyidin Junaidi MA melihat penayangan Shalahuddin Al-Ayyubi sangat tepat timing -nya di media karena situasi umat Islam saat ini sedang porak-poranda, dia menilai butuh ada Shalahuddin baru.

“Beliau punya sifat kepemimpinan. Itu susah. Ini lahir bukan dari mata kuliah, tapi berdasarkan pengalaman seseorang yang dari kecil hidup di kalangan keluarga terkenal. Sisi kehidupan beliau sangat aspiratif terhadap permintaan rakyatnya. Dia juga ahli strategi perang dan sangat sederhana. Kita bisa saksikan beliau begitu hormat kepada orang tuanya, sifat-sifat seperti ini yang bisa kita ambil dari Shalahuddin Al- Ayyubi,” ucap KH Muhyidin. Shalahuddin Al-Ayyubi terkenal telah menyatukan seluruh umat muslim untuk membebaskan Al- Quds (Yerusalem), lahir pada 1138 M di Kota Tirkit, Irak.

Shalahuddin tumbuh di lingkungan yang penuh keberkahan dan kerabat yang terhormat. Dia mempelajari Alquran, menghafal hadis nabi, mempelajari ilmu keislaman serta menunggang kuda dan menggunakan senjata. Beliau sempat diangkat menjadi menteri di wilayah Mesir pada 1169 oleh Khalifah Al-Adhidh dalam dinasti Fatimiyah. Dua bulan kemudian ia diangkat sebagai wakil dari khilafah. Pada akhirnya pasukan Shalahuddin berhasil mengalahkan pasukan salib Eropa dalam perang besar di Hithin.

Dengan kekuatan 63.000 pasukan, termasuk ulama dan orang-orang saleh, mereka berhasil membebaskan Al-Quds dan menginjakkan kaki di kota suci tersebut pada Jumat, 27 Rajab 583 H/ 2 Oktober 1187, bertepatan dengan Isra Mikraj.

Tayangan Shalahuddin Al- Ayyubi melengkapi serangkaian program unggulan di layar MNC TV selama Ramadan ini yang bertemakan “Berkah Cinta Ramadhan MNC TV”. Program spesial lainnya yang bisa disaksikan pemirsa setia MNC TV adalah Razia Sultan, Dug Dug Nunggu Bedug, DMD Show Spesial, dan program menarik lainnya.

Iman firmansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3893 seconds (0.1#10.140)