Perjuangan Nicky Sonjaya Berdayakan Masyarakat Tuai Hasil Manis

Senin, 07 September 2020 - 19:33 WIB
loading...
Perjuangan Nicky Sonjaya Berdayakan Masyarakat Tuai Hasil Manis
Nicky Sonjaya membeikan edukasi kepada masyarakat sekitarnya terkait bagaimana cara membuat produk yang bagus, unik dan bernilai. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Berupaya membantu memberdayakan masyarakat sekitarnya, seorang pengusaha muda Nicky Sonjaya mendirikan usaha Casiber Houseware di Majalaya, Kabupaten Bandung. Dalam bisnis yang dirintis sejak 2014 ini mengajak masyarakat memanfaatkan kain sisa dari pabrik untuk dijadikan sebuah produk yang bernilai jual tinggi.

(Baca juga: Di Tengah Badai Covid-19, Overkill Bersiap Garap Album Baru )

Melalui bisnis Nicky tersebut, para pengrajin masih bisa bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19 . Nicky sendiri sangat peduli dalam membangun dan mempertahankan ekosistem para pengrajin di wilayahnya. Hingga saat ini, dia telah membangun ekosistem para pengrajin di lebih dari 40 desa di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat.

Dalam menjalankan bisnisnya ini, Nicky dalam pengadaan bahan baku dan memberikan edukasi bagaimana cara membuat produk yang bagus, unik dan bernilai. Ketika produk tersebut sudah siap dijual, maka Nicky membelinya kembali untuk dia distribusikan. Para pengrajinnya pun sudah cukup piawai dalam membuat kerajinan homemade seperti keset anyam, lap pel, cempal dan kerajinan lainnya.

"Selama ini kendala para pengrajin adalah mereka membuat suatu produk yang asal jadi saja, sehingga susah untuk menjualnya. Dengan adanya edukasi dan arahan, maka saat ini mereka sudah tidak ada lagi permasalahan dalam pengadaan bahan baku ataupun penjualannya, sehingga bisa bertahan di tengah Covid-19," papar Nicky dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/9).

Nicky Sonjaya melakukan penggabungan antara produk-produk kerajinan tersebut dengan produk serbet yang diproduksinya ketika menjalankan proses distribusi. Penggabungan itu dilakukan agar terbentuk diversifikasi produk yang beraneka ragam, sehingga dapat menyajikan banyak pilihan buat pembeli.

Melalui perjuangan dan kerja keras, Nicky pun sukses mendistribusikan produk-produknya itu hingga ke berbagai wilayah di Indonesia, bahkan Asia. Pria yang aktif di HIPMI Kota Bandung ini seringkali membagi kisah dan pengalamannya melalui akun Instagram @nickysonjaya.

(Baca juga: 5 Perubahan Tren Wisata di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru )

"Sebagai pengusaha kita harus mempunyai mental yang kuat, tetaplah bergerak dan jangan pernah berhenti dengan kondisi apapun. Karena, di setiap kejadian seperti Covid-19 ini pasti ada makna dan hikmah yang sangat bernilai, jadi teruslah bergerak dan tebarlah manfaat sebanyak-banyaknya," pesan Nicky terhadap para pelaku usaha di Tanah Air.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)