Fasilitasi Anak Hadapi Dunia Digital Tanpa Tekanan

Selasa, 25 Agustus 2020 - 18:28 WIB
loading...
Fasilitasi Anak Hadapi Dunia Digital Tanpa Tekanan
Berkat penguasaannya akan teknologi, Generasi Alpha nantinya diperkirakan akan menjadi generasi yang paling maju, sejahtera, dan terdidik. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kehidupan anak zaman sekarang cenderung begitu akrab dengan teknologi digital. Hal tersebut sejalan dengan hasil penelitian yang diketemukan analis sosial-cum-demograf asal Australia, Mark McCrindle. Dalam penelitiannya, dia menemukan fakta bahwa anak-anak yang lahir di atas 2010, atau yang disebutnya Generasi Alpha, merupakan generasi yang paling melek dan tidak bisa dipisahkan dengan teknologi.

(Baca juga: Trik Mengontrol Rasa Lapar Sebelum dan Sesudah Berolahraga )

Lebih jauh, McCrindle mengatakan, berkat penguasaannya akan teknologi itu jugalah, Generasi Alpha nantinya diperkirakan akan menjadi generasi yang paling maju, sejahtera, dan terdidik. Mengetahui hasil analisa tersebut, tak sedikit orang tua yang bakal mengalami dilema. Pasalnya, untuk memiliki daya saing di masa depan, maka pengenalan digital teknologi pada Generasi Alpha mau tidak mau harus dilakukan sejak dini.

Akan tetapi, di sisi lain orang tua juga menyadari, ada banyak dampak negatif yang mungkin bisa didapatkan anak bila dikenalkan dengan teknologi digital, apalagi jika tanpa pengawasan. Di antaranya bisa membuat anak kecanduan gadget hingga menjadikannya tumbuh menjadi pribadi yang anti sosial.

Sehubungan dengan hal tersebut, Project Manager Geniora, Peybel SN mengungkapkan bahwa pihaknya memahami dilema orang tua terkait pengenalan teknologi, terutama penggunaan gadget pada anak. Oleh karenanya, pihaknya meluncurkan Geniora Phone, ponsel cerdas khusus untuk anak yang dilengkapi dengan fitur penemanan orang tua di dalamnya.

"Lewat Geniora Phone, orang tua bisa memfasilitasi anak menghadapi dunia digital sembari terus mendampingi dan mengawasi tanpa membuat anak tertekan. Dengan kata lain, kini tak perlu ada lagi 'drama' penyitaan smartphone jika anak susah membagi waktu saat bermain gadget. Sebab, orang tua bisa mengatur Geniora Phone anak sepenuhnya lewat smartphone jenis apapun yang dimilikinya," papar Peybel dalam keterangan tertulisnya, Selasa (25/8).

Lebih jauh, Peybel menerangkan jika Geniora Phone tipe Gen-1 pada dasarnya merupakan android smartphone entry level yang sudah dilengkapi dengan operating system Android 9.0, 5G Wi-Fi, kamera, sidik jari, dan kelengkapan lainnya. "Yang membedakannya, Geniora Phone Gen-1 dapat dihubungkan dengan smartphone orang tua melalui aplikasi Geniora Parent ," lanjutnya.

Dengan demikian, para orang tua dapat mengawasi, membatasi, dan menginterupsi penggunaan gadget pada anak dengan menggunakan fitur-fitur parenting seperti Please Listen, Scheduler, dan Modes of Use. Di samping sistem parenting dengan menggunakan aplikasi Geniora Parent, ada pula aplikasi lain yang saat ini sedang terus dikembangkan dan ditawarkan, yaitu Geniora456.

(Baca juga: 5 Tahapan Makeup Ini Bikin Anda Terlihat Awet Muda )

"Geniora456 adalah aplikasi pembelajaran untuk anak kelas 4, 5, dan 6 SD, di mana materi pelajaran di dalamnya dikemas dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi Geniora456 sendiri akan diberikan secara gratis selama 3 bulan pertama bagi pembeli Geniora Phone Gen-1, dan sangat berguna untuk membantu orang tua dalam membimbing anak belajar dari rumah," tukas Peybel.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)