Ragam Jenis Tepung

Selasa, 07 Juli 2015 - 08:46 WIB
Ragam Jenis Tepung
Ragam Jenis Tepung
A A A
Tepung Maizena Tepung dari pati jagung ini tergolong gluten-free . Umumnya digunakan sebagai bahan utama pada custard . Biasa dipakai untuk pengental pada sup maupun saus, memberi tekstur halus dan lembut pada sponge cake dan puding, serta efek renyah pada kue kering.

1.Tepung Terigu Secara umum berdasarkan kadar gluten atau proteinnya, ada tiga jenis tepung terigu. Kadar protein ini menentukan elastisitas dan tekstur sehingga penggunaannya disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi adonan yang akan dibuat. Jenisnya ialah tepung terigu protein tinggi, sedang, dan protein rendah.

2.Tepung Tapioka Dibuat dari pati singkong. Gluten free dan minim protein. Cocok bagi mereka yang menderita gluten intolerance. Sering dipakai untuk pengental pada tumisan karena efeknya bening dan kental saat dipanaskan. Selain pengental, juga dipakai untuk pengenyal bakso, pengganti sagu untuk pempek, dan bahan baku kerupuk.

3.Tepung Sagu Tergolong tepung yang gluten-free . Dibuat dari bagian tengah pohon sagu atau aren. Tepung sagu punya karakter mirip tepung tapioka, tetapi lebih ”kering”. Selain untuk bubur, pempek, kerupuk dan kue semprit, juga menjadi bahan utama pembuatan kue bagea . Sejenis kue kering yang sangat beken sebagai oleh-oleh dari Ambon dan sekitarnya.

Novi
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3848 seconds (0.1#10.140)