Hidangan Sunda dengan Suasana Asri

Senin, 13 Juli 2015 - 10:14 WIB
Hidangan Sunda dengan Suasana Asri
Hidangan Sunda dengan Suasana Asri
A A A
Menikmati masakan Sunda dalam saung sambil lesehan diselingi alunan musik khas Jawa Barat merupakan pengalaman bersantap yang sangat berkesan.

Apalagi, makannya beramai- ramai dengan keluarga atau teman-teman sambil menikmati pemandangan hijau nan asri. Itulah pengalaman kuliner yang ditawarkan rumah makan Saung Manglayang yang berlokasi tepat di depan Cilandak Golf Driving Range, Jalan Cilandak KKO nomor 22 Jakarta Selatan.

Beberapa saung yang dapat menampung hingga belasan orang menjadi kelebihan restoran yang membuka pintunya untuk umum pada Mei lalu. Kendati baru genap setahun, restoran ini mendapat sambutan yang cukup positif dari penikmat kuliner di Jakarta. Restoran ini memang sengaja mengangkat konsep alami dengan pemandangan asri yang menjadi ciri khasnya.

Terdapat dua pilihan tempat untuk bersantap. Di dalam gedung dengan konsep Sunda modern dan di bagian luar dengan konsep saung pedesaan. Ini bisa menjadi tempat menyenangkan bukan hanya untuk bersantap bersama, juga untuk bercengkerama melepas kepenatan.

Saung Manglayang hadir untuk memanjakan lidah pencinta masakan khas Sunda yang buka setiap Senin hingga Minggu dari pukul 10.00 hingga 21.00. Nama Saung Manglayang merupakan nama gunung di Jawa Barat. Gunung ini sekarang menjadi pusat cagar budaya kesenian Jawa Barat.

Di lembah kaki Gunung Manglayang saat ini sedang dihidupkan kembali budaya tradisional Jawa Barat yang hampir hilang. Restoran ini mampu menampung hingga 200 orang. Kapasitas yang lumayan besar itu menjadikan banyak konsumen yang menempatkan Saung Manglayang sebagai tempat berkumpul baik dengan keluarga ataupun kolega.

Perayaan ulang tahun, meeting, arisan, atau sekadar makan bersama keluarga, bahkan untuk acara pernikahan sekalipun dengan tempat parkir yang juga cukup luas. Saung Manglayang juga mempunyai berbagai variasi menu.

Antara lain tulang jambal, aneka pepes, aneka sayur tumisan, gurame telor asin, gurame asam manis, bawa bakar, cumi bakar, udang bakar kecap, udang bakar madu, udang mayones, udang telor asin, dan baby fish. Sebagai menu tambahan ada ikan bakar, ikan asam-manis, dan ikan dabu-dabu yang rasanya menggoyang lidah.

Menu aneka olahan ikan ini sangat digemari pengunjung. Bagi yang ingin menu praktis, bisa mencicipi nasi timbel komplet. Nasi timbel ini disajikan bersama ayam goreng atau ikan goreng, tahu tempe, sayur asem, ikan asin peda, sambal, dan lalap. Cukup mengeluarkan kocek Rp35.000 untuk bisa mendapatkan menu ini.

“Kami menggunakan ayam kampung bukan ayam broiler,” papar Kusnadar selaku supervisor Saung Manglayang. Sementara untuk sambal, rumah makan khas Sunda ini mempunyai banyak ragam sambal. Sambal dadak dan sambal goreng terasi yang paling sering dipesan.

Adapun untuk sayuran, ulukutek leunca, urap sayur, karedok, tumis taoge tahu, dan tumis udang pete menanti untuk dipesan. Saung Manglayang juga mengeluarkan meminum andalan. Sebut saja es Manglayang yang merupakan perpaduan alpukat, kelapa, dan madu yang tentunya menggelitik rasa penasaran untuk segera mencobanya. Es campur, es goyobod, es shanghai, pun bisa dipilih.

Sementara itu, selama Ramadan ini restoran tersebut juga mengeluarkan ragam varian es untuk takjil yang selalu disajikan berbeda setiap harinya. Selain itu, masih ada 27 minuman spesial di antaranya jus therapyatau perpaduan dari tiga macam buah dan sayuran yang berkhasiat.

Yang paling diminati adalah mixdari stroberi nanas jambu yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dan mix dari stroberi mangga jeruk yang berkhasiat menurunkan darah tinggi.

Es krim goreng, tahu mendoan, dan pisang goreng keju merupakan makanan ringan yang bisa dinikmati di sini. Untuk makanan dimulai dari harga Rp5.500, sedangkan minuman Rp8.000–Rp30.000.

Sri Noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5455 seconds (0.1#10.140)