Tips Tubuh Tetap Sehat Pasca Lebaran

Rabu, 22 Juli 2015 - 15:37 WIB
Tips Tubuh Tetap Sehat Pasca Lebaran
Tips Tubuh Tetap Sehat Pasca Lebaran
A A A
Masyarakat harus mewaspadai serangan penyakit pasca Lebaran. Pasalnya, makanan bersantan, berlemak, berminyak, manis, pedas dan asin berpengaruh pada kesehatan.

Demi terhindar dari sejumlah penyakit yang kerap mengintai usai lebaran atau kambuhnya penyakit, spesialis gizi, dr. Marya Haryono, SpGK berbagi tips. "Jadwal makan harus teratur. Kalau memang saatnya jam makan, makanlah dengan sesuai kemampuan tubuh kita. Sudah merasa kenyang, stop makan,"papar Marya.

Marya menjelaskan, untuk tidak memakan semua hidangan yang tersedia. Pililhlah makanan yang sehat. "Jangan memilih makanan yang terlalu manis, berlemak. Ingat perinsip makanan seimbang seperti hari biasa,"jelasnya.

Sajian makanan saat Lebaran memang menggiurkan, namun Marya menganjurkan untuk membatasi camilan seperti kue-kue Lebaran. "Kandungan tepung, gula, mentega dalam kue sangat tinggi. Sementara kandungan seratnya sangat rendah,"kata dia.

Mengendalikan diri mengonsumsi makanan saat Lebaran sangatlah dianjurkan. "Jangan makan makanan pedas, berminyak, manis, santan dalam waktu yang bersamaan dan jam berikutnya. Misalnya di satu jam makan kita makan buah lebih banyak, karena sebelumnya sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis seperti kue,"ujarnya.

Meski lebaran merupakan waktu berlibur, namun olahraga tidak boleh dilewatkan. "Setiap hari, lakukan olahraga minimal 30 menit sampai satu jam,"tandasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6240 seconds (0.1#10.140)