Morning Sickness Tak Hanya Dialami Ibu Hamil

loading...
Morning Sickness Tak Hanya Dialami Ibu Hamil
Morning Sickness Tak Hanya Dialami Ibu Hamil
JAKARTA - Mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness kerap terjadi pada wanita hamil. Namun, morning sickness juga dapat dialami oleh mereka yang tidak hamil.

Dilansir dari Daily Mail, morning sickness dapat disebabkan oleh beberapa hal. Seperti ketidakseimbangan hormonal, asam lambung yang naik, gangguan tidur sleep apnea, stres, atau depresi.

Ketua American Medical Association, Dr. Brian Morton menjelaskan, rasa mual di pagi hari umumnya disebabkan karena ketidakmampuan otak melepas hormonal alami, seperti adrenalin atau serotonin.

"Ritme biologi siang dan malam pada setiap orang berbeda-beda. Pada wanita, hal ini ditambah lagi oleh pengaruh hormon saat menstruasi," jelas Morton.



Bahkan, morning sickness juga dapat dialami pria. Umumnya, penyebab gejala ini adalah reflux atau asam lambung yang naik ke kerongkongan.

"Gejalanya seperti ada rasa pahit di mulut atau nyeri di bagian bawah perut. Atasi dengan minum susu atau antasida untuk mengatasi asam yang berlebihan," ujarnya.

Untuk mencegah reflux, Morton menyarankan untuk tidak melewatkan makan malam. Hindari pula konsumsi alkohol yang berlebihan atau kurangi minum sebelum tidur.
(nfl)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top