Face Gym Untuk Peremajaan Kulit

Kamis, 13 Agustus 2015 - 10:21 WIB
Face Gym Untuk Peremajaan Kulit
Face Gym Untuk Peremajaan Kulit
A A A
OLAHRAGA teratur untuk tubuh lebih bugar dan ternyata membuat kulit lebih sehat. Beragam olahraga wajah sepeti face gym dan facial fitness exercises pun diciptakan untuk mencegah penuaan dini di kulit wajah.

M Reebok enurut Program & Development Manager Gold’s Gym Indonesia, Nano Oerip, olahraga yang teratur sangat diperlukan oleh wanita. Untuk melakukan olahraga yang teratur, misalnya berlari, wanita harus melakukan latihan fisik secara bertahap terlebih dahulu.

Hal ini untuk mengefektifkan sistem motorik, sekaligus menghindari cedera. “Latihan bertahap yang dimulai dari intensitas rendah bagus untuk wanita, dengan tujuan untuk menguatkan tubuh mereka. Namun, kalau tidak melalui tahapan atau terlalu cepat prosesnya terjadi cedera lutut atau pinggang,” kata Nano dalam peluncuran Gold’s Run Program di Cilandak Town Square, Jakarta, Selasa (11/8). Latihan dengan intensitas rendah biasanya bisa dilakukan dengan berjalan santai selama 10 menit per hari.

Kemudian ditingkatkan menjadi 30 menit per hari selama lima kali sepekan. “Ini akan membentuk dasar kebugaran dan kemampuan motorik di tubuh Anda,” tambah Nano. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Mark Tarnopolsky dari McMaster University di Ontario, Kanada, mengungkapkan fakta bahwa olahraga teratur dapat menyebabkan proses penuaan kulit berlangsung lebih lambat.

Penelitian ini melibatkan total 29 relawan pria dan wanita berusia antara 20 hingga 84 tahun. Sembilan belas relawan diminta untuk berolahraga secara teratur setidaknya tiga jam setiap minggunya. Sementara, separuh sisanya tidak melakukan olahraga sama sekali. Jangka waktu penelitian ini pun dilakukan selama tiga bulan.

Dari penelitian tersebut terlihat hasil bahwa orang-orang yang melakukan olahraga teratur memiliki usia kulit yang jauh lebih muda sekitar 20 hingga 40 tahun. “Sebagai contoh, orang yang sebenarnya usianya sudah 40 tahun, namun dengan olahraga teratur, usia kulitnya menjadi 20 tahun,” ujar Dr Mark Tarnopolsky, seperti yang dilansir dari Dailymail.co.uk .

Olahraga teratur yang dikhususkan untuk wajah kemudian diciptakan oleh beauty writer Inge Theron melalui Face Gym . Menurut Theron, Face Gym didasarkan pada prinsip bahwa banyak orang yang pergi ke gym untuk mengencangkan otot tubuh. “Jika kita bisanya mengencangkan otot-otot tubuh kita di gym , jadi mengapa kita tidak mengencangkan otot wajah juga?” ujar Theron, seperti dilansir dari Dailymail.co.uk .

Menurut Theron, otot wajah yang kencang memperlihatkan tampilan wajah terlihat muda dan tone warna kulit wajah yang merata. Otot wajah yang sehat juga bisa menjadi indikasi sirkulasi darah yang lancar dan produksi kolagen di kulit wajah yang baik. “Ada lebih dari 650 otot dalam tubuh manusia dengan sekitar 50 terkonsentrasi di wajah.

Saat mengerut, ada 43 otot wajah yang bekerja. Sementara, saat tersenyum, ada 17 otot wajah yang bekerja. Namun, tanpa stimulasi yang tepat, otot-otot wajah tersebut cenderung kendur,” kata Theron. Face Gym biasanya dibantu seorang terapis dengan jangka waktu 30 menit.

Face Gym terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu warm up , cardio , and cool down untuk mengencangkan otot-otot di sekitar area wajah yang cepat kendur, seperti rahang, sekitar mata dan dahi. “Para terapis akan menjentikkan jari mereka ke wajah Anda, gerakan pukulan yang lembut, dan gerakan jari yang cepat dapat mengangkat otot wajah di sekitar area pipi, area bawah mata, dan garis-garis halus di sekitar rahang dan dahi,” kata Theron.

Sementara itu, ahli kebugaran asal Inggris Eva Fraser memperkenalkan Facial Fitness Exercises, yaitu sebuah olahraga berupa latihan untuk mengencangkan kembali otot wajah yang sudah kendur. Menurut Fraser, setiap orang memiliki otot wajah yang berbeda dan akan bekerja pada tingkat yang berbeda pula.

Otot wajah yang lebih tua, biasanya sudah cukup meregang sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya menjadi otot wajah kenyal kembali. Dalam sebuah video Eva’s Basic Workout , Fraser menunjukkan langkahlangkah dasar untuk melakukan Facial Fitness Exercises . Salah satunya adalah latihan pengencangan otot wajah di sekitar kening dan area mata.

Dwi Nur Ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7295 seconds (0.1#10.140)