Theme Park Kelas Dunia di Lido

Kamis, 17 September 2015 - 09:22 WIB
Theme Park Kelas Dunia di Lido
Theme Park Kelas Dunia di Lido
A A A
MNCLand akan membangun sebuah theme park kelas dunia, yakni di kawasan Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Anda pun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk berwisata di theme park berskala Internasional.

Dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 2.000 hektare, kawasan wisata di Lido ini terintegrasi mulai dari hotel, resor, kondominium, vila, arena golf, dengan theme parkkelas dunia, dan berbagai fasilitas.

Berbeda dengan theme parklain yang pernah ada seperti Universal Studio atau Disneyland di Hong Kong, Jepang, atau negara lain yang memiliki kontur tanah datar. Theme park yang akan dikembangkan di Lido cukup unik karena berupa daerah perbukitan, sungai-sungai kecil, danau, hutan, dan gunung di mana kawasan ini memang diapit oleh dua gunung, yakni Gege Pangrango dan Salak. Theme park-nya akan memiliki banyak zona dan biasanya tiap zona akan ada di beberapa ketinggian.

Untuk membedakannya dari zona satu ke zona lain akan ada jembatan, di bawahnya danau atau sungai, ataupun dihubungkan dengan kereta sesuai dengan kontur kawasan Lido yang berupa pegunungan. “Theme Park Lido ini bisa dikatakan akan setara dengan Disneyland Park atau di Paris ada Europa Park, Rust Jerman dengan Tivoli Gardens, Denmark seperti Efteling, Kaatsheuvel di Belanda, serta Disneyland Park, California. Jadi, nanti orang Indonesia tak perlu mencari tempat hiburan ke luar negeri,” ungkap Michael Dharmajaya, Direktur PT MNC Land Tbk, saat ditemui di Jakarta.

Michael mengungkapkan, nantinya yang datang ke theme parkkawasan Lido ini juga memang merupakan orang-orang yang ekspektasinya sudah tinggi karena pernah mengunjungi beberapa theme park kelas dunia tadi. Namun di Theme Park Lido, pengunjung akan lebih diberikan atmosfer dan pengalaman berbeda untuk sebuah theme parkyang dimiliki Lido karena kontur pegunungannya.

Lido Lakes Resort yang merupakan bagian dari theme parkakan menjadi tempat yang tepat untuk menikmati udara segar, angin sejuk, keindahan alam, dan aktivitas luar ruang. Dijelaskan lebih lanjut, pada pembangunan fase pertama seluas 700 hektare akan ada dua komponen yang dibawa. Pertama dari segi kemewahan dan kedua dari segi entertainment berupa theme park.

Segi kemewahan di antaranya beberapa komponen yang akan dibangun berupa resor dan hotel, serta world class golf yang bekerja sama dengan Ernie Els, seorang pemain golf profesional yang masuk 20 besar dunia. Hingga lapangan golf yang rencananya selesai pada 2017 ini juga bisa digunakan untuk kejuaraan dunia.

“Kami bekerja sama dengan Trump untuk membuat lapangan golf ini. Dia pernah membuatnya juga di Eropa dan Dubai sehingga sangat eksklusif dengan country club housedan berbagai fasilitasnya,” tambah Ivan Casadevall, Vice President Business Development PT Lido Nirwana Parahyangan. Seperti yang diketahui, pada PGA Championship 2015,eventkejuaraan golf tersebut pun menggunakan salah satu lapangan golf kelas dunia yang dibuat oleh Trump di Miami.

Dengan keberadaan lapangan golf kelas dunia di Lido pun, ini diharapkan bisa mengangkat nama Indonesia di mata dunia. Berada sekitar 65 km di Ibu Kota, kawasan terintegrasi Lido tetap akan memakai tema kekuatan lokal dengan keberagaman budaya Indonesia dikemas dalam Hollywood style. Nantinya, tambah Michael, pihaknya juga akan bekerja sama dengan independen studio seperti Dream Works dengan karakter Shrek ataupun tokoh karakter yang demikian dikenal khalayak.

“Di Indonesia, ini dapat dikatakan akan menjadi theme parkterbaik, dari segi fasilitas, pengalaman, serta atmosfer yang akan didapat pengunjung seperti berada di dunia baru,” ujar Michael. Walaupun dibangun dengan konsep world classdan terintegrasi berbagai fasilitas, kawasan Lido Theme Park terbuka untuk umum. Untuk mengakomodasi perjalanan dari Jakarta menuju Lido, pada 2017 rencananya Tol Jakarta–Lido diperkirakan rampung pengerjaannya.

“Kami buat yang terbaik dari the best of local valuedengan kultur komponen. Kemudian untuk mempermudah akses dari Jakarta, kami kembangkan tol langsung menuju Lido sehingga bisa ditempuh hanya sekitar 1 jam,” tambah Ivan lagi. Diungkapkan lebih jauh, kawasan Lido akan menjadi one stop lifestyle entertainmentyang terintegrasi juga dengan fasilitas kesehatan atau lebih tepatnya disebut wellness.

Tak hanya berupa pengalaman spa, juga relaksasi atau rehabilitasi pascasakit, anti-aging, serta tindakan non-surgery. Semua fasilitas ini maksimal akan rampung pada 2018, di mana Hotel Trump, kondominium, dan theme parksudah dibuka dan pada tahun sebelumnya akses tol dari Jakarta menuju Lido pun sudah selesai.

Dyah ayu pamela
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6750 seconds (0.1#10.140)