4 Bahan Alami Atasi yang Kulit Terbakar

Kamis, 24 September 2015 - 09:25 WIB
4 Bahan Alami Atasi yang Kulit Terbakar
4 Bahan Alami Atasi yang Kulit Terbakar
A A A
JAKARTA - Paparan sinar UV di Indonesia memiliki UV Index mencapai angka 10 dari skala 1 sampai 11. Keadaan ini membuat kulit berisiko terpapar sinar matahari hingga di dalam ruangan dan menembus kaca mobil.

Parahnya, kerap terpapar sinar UV menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti kerutan, flek hingga kulit terbakar. Namun, keadaan ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar Anda. Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit terbakar yang dilansir dari Prevention.

1. Lidah buaya
Ahli nutrisi dari Inggris, Dr Patricia Fitzgerld mengatakan, tanaman lidah buaya bagus untuk menenangkan kulit yang terbakar. Caranya, potong dan biarkan cairan lidah buaya yang berwarna kuning keluar. Masukkan gel lidah buaya dan ke dalam mangkok dan simpan di dalam kulkas. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya saat keadaan dingin.

2. Yoghurt
Yoghurt memiliki sifat anti inflamasi. Teksturnya yang lembut seperti losion dapat membantu kulit yang terbakar menjadi lembab. Gunakan yoghurt tanpa rasa agar aman untuk kulit Anda. Atau Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak lavender.

3. Susu sapi
Susu sapi dipercaya mampu mengobati kulit yang terbakar. Buatlah kompres dengan merendam kain kasa atau kain ke dalam susu dingin. Kompres di tempat yang terbakar selama 15 sampai 20 menit.

4. Stroberi
Kandungan tanin dalam buah stroberi bisa membantu menenangkan kulit rusak yang terbakar karena sinar matahari. Cukup tumbuk beberapa buah menjadi pasta dan oleskan di tempat yang terbakar selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air dingin.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5800 seconds (0.1#10.140)