Ini Penyebab Jerawat Muncul di Usia Dewasa

Jum'at, 25 September 2015 - 18:30 WIB
Ini Penyebab Jerawat Muncul di Usia Dewasa
Ini Penyebab Jerawat Muncul di Usia Dewasa
A A A
JAKARTA - Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap mengganggu penampilan. Umumnya, jerawat muncul pada remaja. Namun menurut survei, jerawat juga bisa terjadi pada mereka yang sudah tumbuh dewasa.

Berdasarkan survei yang dilakukan Massachusetts General Hospital, jerawat yang baru muncul ketika dewasa bukanlah hal aneh. Survei tersebut menunjukkan, sebanyak 45% perempuan mengalaminya di usia 21—30 tahun, 26% di usia 31—40 tahun dan 12% di usia 41—50 tahun.

Dilansir dari Fox News, Bethanee Jean Schlosser dari Northwestern University menjelaskan, penyebab munculnya jerawat ketika dewasa disebabkan karena beberapa hal. Salah satu faktor penyebab yang cukup signifikan adalah hormon androgen yang meningkat pada wanita dewasa.

"Seiring bertambahnya usia perempuan, kadar androgen (hormon yang ada pada laki-laki maupun perempuan) meningkat," papar Schlosser.

Schlosser menjelaskan, jerawat yang disebabkan oleh pengaruh hormon, dapat diatasi dengan mengonsumsi obat hormon seperti pil KB dan spironolactone. Namun, mengonsumsi obat tersebut diperlukan pengawasan dokter.

Sementara itu, obat jerawat yang dipakai remaja umumnya tidak bisa digunakan oleh orang dewasa. Untuk itu, para dokter menyarankan untuk menggunakan pembersih yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Untuk penggunaannya, jangan digosok lebih dari 2-3 kali dalam sepekan.

Diet juga dipercaya mampu mempengaruhi munculnya jerawat pada orang dewasa. Seperti diet susu yang bisa meningkatkan risiko jerawatan di usia dewasa.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5552 seconds (0.1#10.140)