Mau Makan Ikan? Kenali 2 Manfaat & 2 Risikonya Berikut ini!

Sabtu, 14 November 2015 - 04:25 WIB
Mau Makan Ikan? Kenali...
Mau Makan Ikan? Kenali 2 Manfaat & 2 Risikonya Berikut ini!
A A A
JAKARTA - Apakah Anda masih bingung tentang manfaat dan risiko dari makan ikan? Dilansir dari situs Time of India, inilah yang perlu Anda ketahui:

Manfaat

Terhidar dari penyakit stroke

sebuah studi menemukan bahwa seorang yang memakan ikan sekali dalam seminggu adalah 13 persen kemungkinan akan menderita penyumbatan darah ke otak (ischemicstroke).

Saat ini America Heart menyarankan makan ikan setidaknya dua kali dalam seminggu karena asam lemak omega-3 yang dimiliki ikan dapat membantu melindungi jantung.

Membantu melawan penyakit

Lemak ikan merupakan sumber terkaya dari lemak omega-3. Omega-3 yang dimiliki sangat penting untuk kesehatan jantung dan juga dapat membantu melindungi arthritis, diabetes, depresi dan beberapa jenis kanker.

Omega-3 yang paling terfokus terkandung dalam lemak ikan air dingin seperti ikan sarden, herring, salmon, makarel dan ikan trout.

Risiko

Bahaya selama kehamilan

Wanita hamil, ibu menyusui dan wanita yang diambang kehamilan harus membatasi konsumsi ikan yang mengandung methylmercury-bentuk merkuri yang ditemukan pada ikan.

Zat polutan di industri dapat menghambat perkembangan sistem saraf janin, batu dan anak-anak. Sejak dikonsumsi dan masuk dalam tubuh, methylmercury cenderung terakumulasi dari waktu ke waktu.

Hal ini sangat terkontraksi pada ikan yang lebih besar dengan masa hidup yang lama, seperti hiu, ikan todak, king mackerel, tilefish, dan albacore tuna.

Ikan ternak mengandung kontaminan

Ternak ikan salmon dapat mengandung kadar yang tinggi dari pestisida dan racun lainnya. Untuk membeli salmon di supermarket disarankan untuk mencari lebel salmon untuk mengidentifikasi ikan tersebut ikan liar atau ternak.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)