Waspada! Kuas Kosmetik Kotor Picu Radang Tenggorokan

Sabtu, 14 November 2015 - 09:30 WIB
Waspada! Kuas Kosmetik Kotor Picu Radang Tenggorokan
Waspada! Kuas Kosmetik Kotor Picu Radang Tenggorokan
A A A
JAKARTA - Kuas make up yang kotor dipercaya memicu radang tenggorokan. Namun sayang, masih banyak yang tidak menyadari hal tersebut.

Dilansir dari WomensHealth, dokter kulit di New York, Sejal Shah M.D mengungkapkan, kuas make up yang jarang dibersihkan menyimpan banyak bakteri. Dengan demikian, saat digunakan, Anda mengoleskan bakteri ke wajah.

Parahnya, tumpukan kotoran, debu hingga bakteri yang terdapat dalam kuas kosmetik tidak hanya menyebabkan radang tenggorokan. Namun juga menyebabkan infeksi kulit atau jerawat.

"Bakteri yang paling umum mengendap dalam kuas ialah Staphylococcus dan Streptococcus, yaitu bakteri buruk penyebab infeksi kulit dan radang tenggorokan. Selain jerawat, bakteri tersebut bisa membuat kulit kusam, ruam, bahkan infeksi mata. Bahkan pernah ada yang mengalami kulit berjamur bahkan herpes,” papar Shah.

Untuk itu, Shah menyarankan agar mencuci kuas kosmetik dengan sabun. Sering atau tidaknya mencuci, tergantung dari seberapa sering Anda menggunakan kuas. Sementara bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak atau berjerawat, disarankan untuk lebih rajin membersihkan kuas dan alat-alat kosmetik lainnya.

Selain itu, mengganti spons bedak dianjurkan sebulan sekali dan tidak dianjurkan untuk berbagi kuas dengan orang lain, terutama Anda yang memiliki kulit sensitif.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5989 seconds (0.1#10.140)