Perawatan Kulit yang Tepat di Musim Hujan

Selasa, 24 November 2015 - 09:06 WIB
Perawatan Kulit yang Tepat di Musim Hujan
Perawatan Kulit yang Tepat di Musim Hujan
A A A
DEPOK - Peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan, membuat tubuh rentan berisiko terserang berbagai macam penyakit. Seperti flu dan demam. Tidak hanya itu, musim hujan ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Untuk tetap dapat tampil menarik dimusim hujan, dr Risna MHKes dari klinik Shaqylla pun mengatakan, musim hujan mudah membuat kulit menjadi kering. Menurutnya, diperlukan beberapa perawatan ekstra.

"Walau hujan dan cuaca dingin, tapi kulit akan berkurang kadar airnya dan cenderung kering," papar Risna kepada Sindonews di klinik Shaqylla, Depok, Senin (23/11/2015).

Jika Anda mengalaminya, segeralah berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, jika dibiarkan terlalu lama, kulit akan pecah-pecah, bersisik hingga rentan mengalami luka. Umumnya dokter akan memberikan moisturizer atau pelembab.

"Jangan pakai antiseptik. Bisa buat kulit semakin kering. Gunakan sabun sesuai dengan jenis kulit. Sabun bayi bisa mengembalikan kelembaban kulit," kata dia.

Risna pun menyarankan, untuk memilih moisturizer sebaiknya perhatikan fungsi moisturizer tersebut. Sebab, ada beberapa jenis moisturizer di pasaran. Salah satunya untuk memberikan kelembaban pada kulit dan menutupi kulit kering. Namun sayang, tidak semua moisturizer mengandung bahan untuk melembabkan kulit.

"Kulit kering bagusnya itu pakai pelembab yang sifatnya melapisi kulit. Gunakan yang mengandung ceramide dan humektan. Tapi kalau sangat kering, ubah gaya hidup. Pola hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Jangan ngerokok, asupan makanannya lebih diperhatikan," sarannya.

Ditegaskan Risna, penggunaan moisturizer juga harus disesuaikan dengan usia. Berbeda usia, membutuhkan moisturizer yang berbeda juga.

"Usia 18-25 tahun sebaiknya pakai yang ringan. Selain ceramide, lanolin juga baik untuk anak muda. Untuk SPF-nya 15-45, jangan yang terlalu tinggi. Kalau usia 25-35 tahun kelembapan kulit sudah mulai berkurang. Jadi harus semakin rajin merawat kulit dengan pelembab sesudah mandi. Sedangkan di atas 40-50 harus lebih rutin lagi pakai pelembabnya," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3575 seconds (0.1#10.140)