5 Trik Membuat Telur Rebus yang Matang Sempurna

Jum'at, 04 Desember 2015 - 06:25 WIB
5 Trik Membuat Telur Rebus yang Matang Sempurna
5 Trik Membuat Telur Rebus yang Matang Sempurna
A A A
JAKARTA - Telur rebus sepertinya memang cukup rumit dan sulit untuk dibuat. Namun sebenarnya, membuat kudapan favorit setiap orang ini tidaklah sulit. Hanya saja ada hal-hal yang perlu dihindari dan diperbaiki dari cara membuatnya. Berikut 5 hal yang perlu Anda hindari dalam membuat telur rebus yang sempurna yang dilansir dari Kitchn.

1. Menggunakan telur yang sudah tua

Untuk membuat telur rebus, usia berperan cukup penting. Seiring bertambahnya usia telur, bagian putih telur akan berubah menjadi lebih cair.

Jika Anda menggunakan telur yang lebih tua, Anda akan sulit untuk mendapatkan hasil telur rebus yang sempurna dan bertekstur baik.

Pilihlah telur yang segar. Semakin segar telur yang digunakan, maka semakin baik hasil telur rebus yang Anda peroleh.

2. Tidak menggunakan ukuran panci yang sesuai untuk memasak telur

Meskipun Anda memerlukan panci yang besar dan penuh air untuk membuat telur rebus. Menggunakan pot yang terlalu kecil juga ternyata tidak akan memberikan hasil telur rebus yang baik.

Sebuah panci yang terlalu kecil akan membatasi gerakan telur di sekitar panci yang dapat menghambat mereka matang secara merata.

Sebaiknya gunakan panci ukuran sedang dan isi dengan 75 ml air. Hal ini akan memungkinkan telur memiliki cukup ruang untuk bergerak dan matang merata.

3. Air tidak berada pada suhu yang tepat ketika Anda memasukkan telur ke dalam panci

Jika Anda memasukkan telur saat air benar-benar berada di titik didih yang tinggi maka putih telur akan pecah, dan panci akan dipenuhi dengan telur putih yang pecah dan tipis.

Namun jika Anda memasukkan telur ke dalam air yang terlalu dingin, telur putih dan kuning cenderung akan terpisah satu sama lain.

Sebaiknya masukkan telur ke panci ketika air telah mencapai titik didih awal, yakni ketika gelembung-gelembung kecil mulai muncul ke permukaan panci.

4. Memecahkan telur langsung ke dalam panci

Membuat telur rebus adalah proses yang cukup rumit. Jangan memecahkan telur langsung dan terburu-buru ke dalam panci. Selain hasil yang tidak maksimal, cara tersebut juga dapat memecahkan bagian telur kuning.

Lebih baik pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil terlebih dahulu, barulah kemudian tuangkan telur ke dalam air mendidih.

5. Memasak telur terlalu lama

Telur rebus yang terlalu matang memiliki bagian telur putih yang kenyal dan kuning yang tebal, dan rasanya tidak enak.

Telur rebus yang ideal memiliki bagian telur putih yang tebal dan bagian kuning yang lembut dan masih meleleh.

Untuk mencapai telur rebus yang sempurna dibutuhkan waktu yang baik, yakni satu menit atau bahkan 30 detik.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7204 seconds (0.1#10.140)