7 Minuman Pengganti Energi Pasca Olahraga

Rabu, 09 Desember 2015 - 04:25 WIB
7 Minuman Pengganti Energi Pasca Olahraga
7 Minuman Pengganti Energi Pasca Olahraga
A A A
MELBOURNE - Setiap sel dalam tubuh Anda bergantung pada pasokan konstan air untuk melaksanakan berbagai fungsi.

Tapi Anda tidak harus tetap dengan air biasa alias air putih. Berikut adalah beberapa alternatif minuman yang bisa ikut dengan Anda kala melakukan aktivitas olahraga atau setelahnya seperti dilansir dari situs bodyandsoul.

1. Teh

Minuman favorit bangsa setelah air putih, minuman paling banyak dikonsumsi di dunia.

Teh berisi lebih dari 700 bahan kimia, termasuk flavonoid, asam amino, vitamin (C, E dan K), kafein dan polisakarida, dan berhubungan dengan fungsi kekebalan sel-dimediasi dari tubuh manusia dan meningkatkan mikroflora usus bermanfaat.

Kadar kafein di dalamnya bervariasi sesuai dengan jenis dan kekuatan dari berbagai teh, tetapi umumnya lebih rendah daripada di ukuran setara kopi, dan itu kurang diuretik, sehingga lebih dapat mengatasi dehidrasi.

2. Kopi

Secangkir kopi mengandung kafein 80-125 mg per cangkir 30 ml. Kopi juga berisi 8 persen dari kebutuhan harian Anda akan niacin, untuk produksi sel darah merah, dan 1 persen dari kebutuhan kalium harian, yang membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung.

Namun, kopi tergolong jenis minuman diuretik, sehingga Anda harus menyadari hal itu dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Minuman olahraga

Jenis minuman menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang melalui keringat dan memberikan energi yang dibakar melalui penggunaan otot, memungkinkan Anda untuk siklus lebih lanjut dan lebih cepat.

Sports drink juga mengandung natrium, yang mengambil air langsung ke dalam darah ketika itu diserap.

4. Teh hijau

Daripada beralih ke secangkir kopi untuk memberikan dorongan, mengapa tidak mendapatkan tumpangan dari cangkir mengepul teh hijau bukan?

Tidak hanya itu, dalam teh hijau juga dikemas dengan antioksidan, yang membantu orang yang berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Tetapi sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau secara teratur bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh hingga 24 persen.

5. Jus jeruk

Setelah mengeluarkan tenaga dan keringat, pastikan Anda mengembalikan kadar cairan dengan mengkonsumsi sesuatu untuk membantu pemulihan.

Jus jeruk kaya kalium yang sangat baik sebagai kalium hilang dari otot Anda selama latihan, juga mampu mencegah kram otot dan penyimpangan kardiovaskular.

Elektrolit dalam jus jeruk menggantikan zat yang hilang melalui keringat, karbohidrat yang membantu mengembalikan glikogen otot, dan vitamin C membantu melindungi sel-sel dan menjaga mereka sehat.

6. Jus ceri

Tidak hanya penuh dengan antioksidan, tetapi menurut penelitian dari Oregon Health dan Science University di Amerika Serikat, tart jus ceri dapat menjadi pereda nyeri yang efektif.

Dalam studi tersebut, pelari jarak jauh yang minum jus dua kali sehari selama tujuh hari sebelum menjalankan pertandingan, nyeri ototnya berkurang secara signifikan dari mereka yang minum jus buah lainnya.

Produsen jus ceri dan suplemen, mengklaim hal ini disebabkan tingginya tingkat anthocyanin dan mikro-nutrisi lainnya, yang merupakan antioksidan kuat dan anti-inflamasi.

7. Minuman mengandung susu

Minuman pemanasan seperti cokelat panas atau susu malted yang cukup manis untuk meningkatkan kadar gula dan memberikan rasa nyaman, cukup hangat untuk membantu Anda merasa mengantuk dan kurang stimulan seperti kafein.

Plus, asam amino triptofan dalam susu dapat meningkatkan kadar serotonin tubuh Anda, membantu relaksasi.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6013 seconds (0.1#10.140)