Manfaat Shea Butter untuk Kulit dan Rambut

Jum'at, 11 Desember 2015 - 09:30 WIB
Manfaat Shea Butter untuk Kulit dan Rambut
Manfaat Shea Butter untuk Kulit dan Rambut
A A A
JAKARTA - Kulit yang ruam atau kekeringan serta rambut yang rusak dapat diatasi dengan penggunaan Shea Butter. Dikutip dari Time of India, Aashmeen Munjaal pemilik Star Salon dan Spa, telah berbagi kulitas dan manfaat dari shea butter.

Shea butter merupakan lemak alami yang berwarna putih gading diekstrak dari pohon shea di Afrika. Shea butter banyak digunakan dalam kosmetik sebagai pelembab dalam bentuk salep atau lotion. Adapun manfaatnya antara lain :

1. Sifat Terapi
Shea butter efektif untuk menyembuhkan masalah pada kulit, seperti ruam, tanning, stretch mark, luka bakar dan kelelahan otot.

2. Kualitas Antioksidan
Shea butter mengandung antioksidan seperti vitamin A dan E. Vitamin tersebut dapat melindungi sel kulit dari radikal bebas dan kerusakan lingkungan yang berdampak tidak baik untuk kesehatan kulit. Dengan menggunakan shea Butter kulit terasa lembab dan terlindungi dari sinar UV yang berbahaya untuk kulit.

3. Membuat Kulit Sehat
Lemak alami ini dianggap sebagai makanan super untuk kulit. Penggunaan Shea Butter sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif dan bekas luka. Hal ini juga dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel baru pada kuling.

4. Sifatnya Penyembuhan
Shea butter sering digunakan sebagai obat sebagai penyembuhan pada kulit. Hal ini dapat membantu peningkatan perubahan warna kulit, bibir pecah-pecah, stretch mark dan bintik-binting gelap. Vitamin A yang dimiliki lemak alami ini, bermanfaat dalam penyembuhan dan desifeksi dan menenangkan alergi pada kulit seperti gigitan dari serangga. Penggunaan Shea butter sangat cocok untuk jenis kulit kering dan sensitif.

5. Manfaat Antipenuaan
Lemak alami yang berasal dari Afrika ini dapat meremajakan produksi kolagen sekaligus membuat kulit sehat bercahaya.

6. Perawatan untuk Bayi
Shea butter merupakan pelembab alami yang sangat baik tanpa kandungan kimia bahaya yang dapat digunakan untuk semua umur termasuk anak bayi. Anda dapat menggunakan shea butter pada bayi setelah mandi pada kulit bayi. selain itu, penggunaan shae butter juga dapat menyembuhkan ruam pada bayi akibat pemakaian popok.

7. Perawatan Bibir
Agar terhindar dari bibir pecah-pecah atau kering, penggunaan shea butter selama musim dingin dan musim panas merupakan pelembab alami yang harus Anda lakukan untuk bibir. Anda dapat menggunakan shea butter sebagai lip balm yang sangat baik untuk bibir dan efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah.

8. Perawatan Rambut
Agar rambut terlindung dari sinar UV gunakan pelembab Shea butter. Penggunaan shea butter dapat menjaga kelembaban rambut dan sebagai perisai alami untuk rambut agar dapat melawan sinar UV. Gunakan shea butter sebagai kondisioner untuk rambut yang panjang.

Manfaat Shea butter untuk rambut :
- Mengurangi rambut kering dan kulit kepala terkelupas
Shea Butter dapat mengobati rambut rusak akibat pewarnaan, pengeringan karena blow dan polusi. Selain itu, hal ini juga sangat efektif dalam menenangkan kulit kepala yang gatal karena kering dan ketombe. Perawatan rambut dengan shea butter juga dapat melindungi terhadap garam dan klorin bila diterapkan sebelum berenang.

- Pelembut Rambut
Shea butter adalah lemak alami yang berminyak, karna itu sangat bagus untuk melembutkan rambut yang kering, rusak dan rambut rapuh. Untuk mendapatkan rambut panjang yang lembut, Anda dapat menggunakannya dengan cara memberikan shea butter ke rambut dengan penggunaan yang banyak. Perawatan rambut dengan shea butter harus diterapkan secara teratur yaitu dua kali seminggu untuk pertumbuhan rambut, meningkatkan tekstur rambut dan melembabkan rambut.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7247 seconds (0.1#10.140)