PMS Picu Hipertensi pada Wanita Muda

Rabu, 16 Desember 2015 - 18:34 WIB
PMS Picu Hipertensi pada Wanita Muda
PMS Picu Hipertensi pada Wanita Muda
A A A
LOS ANGELES - Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa kasus hipertensi semakin meningkat di kalangan wanita muda. Hal ini diduga karena sindrom pramenstruasi (PMS).

Dilansir dari Medical Daily, kondisi PMS yang buruk memicu terjadinya hipertensi, disfungsi sistem renin-angiotensin aldosteron yang mengatur keseimbangan natrium, volume darah, dan penyempitan arteri.

Responden wanita di Amerika Serikat berusia 25-42 tahun diteliti sejarah medis dan kebiasaan mereka yang berhubungan dengan kesehatan, seperti merokok dan penggunaan kontrasepsi oral. Untuk memperbarui faktor risiko dan diagnosis terbaru, mereka diminta menjawab kuesioner setiap dua tahun setelah dimulainya studi.

Kuesioner tersebut menilai terjadinya gejala PMS, dan dampak pada kesehatan mereka sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan gejala PMS yang buruk 40% berisiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi selama 20 tahun. Parahnya, risiko tersebut mengincar mereka dengan usia di bawah 40 tahun.

Untuk itu berhati-hatilah bagi Anda wanita muda yang sering mengalami kondisi PMS seperti nyeri perut, pegal-pegal, pusing, lemas, mual, kehilangan gairah, hingga perasaan sensitif yang tinggi.

Pasalnya, berisiko tiga kali lipat lebih banyak terserang hipertensi dibandingkan wanita tanpa PMS. Demi mengurangi gejalanya, peneliti pun menyarankan
para wanita yang memiliki gejala PMS untuk melakukan diet sehat. Seperti mengonsumsi vitamin B tiamin dan riboflavin yang bisa mengurangi gejala PMS sebanyak 25-35%.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5961 seconds (0.1#10.140)