Star Wars: The Force Awakens Bakal Pecahkan Rekor Box Office

Sabtu, 19 Desember 2015 - 11:09 WIB
Star Wars: The Force Awakens Bakal Pecahkan Rekor Box Office
Star Wars: The Force Awakens Bakal Pecahkan Rekor Box Office
A A A
LOS ANGELES - Star Wars: The Force Awakens dipastikan bakal menjadi salah satu hit terbesar tahun ini. Baru dirilis selama tiga hari, film besutan JJ Abrams ini diprediksi bakal memecahkan rekor pada akhir pekan ini dengan meraup USD215 juta (Rp2,9 triliun) hanya di Amerika Serikat (AS).

Perkiraan terbaru dari Disney menempatkan serin ketujuh film Star Wars itu memimpin sekitar USD6 juta dari pemegang rekor saat ini, Jurassic World. Film produksi Universal itu dibuka dengan angka USD208,4 juta saat diputar pada 12—14 Juni lalu.

Dikutip dari Variety, The Force Awakens mulai diputar di bioskop pada Kamis (17/12/2015) malam waktu AS dengan ratusan tiket sudah ludes terjual menyusul pemasaran besar-besaran dalam beberapa bulan sebelumnya. Sejak Jumat (18/12/2015) siang, studio rival mereka memproyeksikan film itu bakal meraup lebih dari USD250 juta pada akhir pekan ini. Tapi, Disney tampaknya memilih untuk berhati-hati.

Awalnya, Disney menyebut, The Force Awakens akan mencapai pendapatan USD200 juta, tapi kemudian merevisinya menjadi USD215 juta. Rumah produksi itu juga menambah perkiraannya dari USD100 pada awal Jumat siang menjadi USD120 juta pada sore. Angka ini jelas mematahkan rekor hari pertama pemutaran film yang dipegang Harry Potter and Deathly Hallows: Part 2 yang pada 2011 dibuka dengan USD91 juta.

The Force Awakens memulai pemecahan rekor di box office AS dengan meraup USD57 juta pada malam preview, Kamis (17/12/2015). Angka ini 31% lebih tinggi dari preview film Harry Potter yang terakhir. Star Wars seri ketujuh ini diputar di total 4.134 lokasi di Amerika Utara. Ini juga merupakan rekor pada pembukaan di bulan Desember.

Disney juga melaporkan bahwa The Force Awakens telah meraup USD72,7 juta dalam dua hari dari 44 pasar internasional, dengan Ingris, Jerman, Swedia dan Norwegia mencatatkan rekor. Film—yang setidaknya menghabiskan dana USD200 juta—dibuka di pasar lainnya pada Jumat. Ini artinya, The Force Awakens juga bisa melunturkan catatan rekor pembukaan akhir pekan Jurassic World yang mencapai USD316 juta.

The Force Awakens dibintangi Daisy Ridley dan John Boyega dalam peran penting sebagai Rey dan Finn. Selain itu, juga menampilkan bintang asli Star Wars seperti Harrison Ford sebagai Han Solo, Mark Hamill sebagai Luke Skywalker dan Carrie Fisher sebagai Jenderal Leia. Tiga aktor Indonesia—Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman—juga tampil dalam film ini.

Film ini dirilis tiga tahun setelah Disney membayar USD4,06 miliar untuk LucasFilm. The Force Awakens ber-setting 30 tahun setelah peristiwa Star Wars: Return of the Jedi pada 1983. Sekuel dan spin off film ini sudah dalam perkembangan untuk beberapa tahun mendatang.

Review yang kuat terhadap film itu juga menambah nilai plus bagi The Force Awakens. Kritikus menyebutnya sebagai film yang ramah fans dan American Film Institute memasukkannya dalam daftar 10 film terbaik tahun ini.

Sejauh ini, The Force Awakens telah menarik perhatian hampir semua orang. Bahkan, Presiden AS Barack Obama memulai konferensi pers akhir tahunnya dengan menyinggung film itu. Hari itu, Jumat (18/12/2015), Gedung Putih menggelar screening The Force Awakens bagi keluarga yang kehilangan anggotanya dalam peperangan atau yang mengalami luka-luka.

“Jelasnya ini bukanlah peristiwa yang terjadi di Gedung Putih hari ini,” ujar Obama.

Setelah menjawab pertanyaan, Obama pun menutup jumpa pers itu. “Baiklah semuanya, saya mau nonton Star Wars,” kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5397 seconds (0.1#10.140)