Peneliti Khawatirkan Virus Zika Menular Melalui Ciuman

Senin, 08 Februari 2016 - 12:30 WIB
Peneliti Khawatirkan Virus Zika Menular Melalui Ciuman
Peneliti Khawatirkan Virus Zika Menular Melalui Ciuman
A A A
BRAZIL - Sebuah penelitian menemukan adanya virus zika dalam air liur dan urine pada dua pasien yang terserang virus tersebut. Virus ini juga ditemukan dalam keadaan aktif dan berpotensi terjadinya infeksi.

Untuk mengidentifikasi virus di air liur dan urine, peneliti melakukan tes genetis terhadap dua pasien yang terinfeksi zika.

Dilansir dari Daily Mail, mengetahui penemuan ini, lembaga penelitian di Brazil mengaku khawatir virus tersebut akan menular melalui ciuman. Oleh karena itu, para peneliti pun menyarankan, agar wanita hamil berhati-hati saat berciuman.

Sebelumnya, Amerika telah mengumumkan penularan penyakit yang menyebabkan ribuan bayi terlahir dengan kerusakan otak ini, melalui hubungan seksual pada seorang warga di Texas. Virus tersebut diketahui berada dalam air mani seorang pria.

Selain itu, penularan zika juga terjadi melalui transfusi darah di Brazil. Meski demikian, para peneliti harus melakukan penelitian lebih lanjut apakah zika bisa ditularkan melalui cairan.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada pengobatan infeksi zika, demikian dengan vaksin untuk virus ini. Seperti diketahui, infeksi virus zika kerap tidak menunjukkan gejala.

Umumnya, infeksi zika akan menimbulkan gejala seperti demam, ruam, nyeri pada sendi serta mata merah. Gejala tersebut akan muncul pada dua hingga tujuh hari.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8171 seconds (0.1#10.140)