Raup Rp1,8 Triliun, Deadpool Pecahkan Rekor Box Office

Senin, 15 Februari 2016 - 21:30 WIB
Raup Rp1,8 Triliun, Deadpool Pecahkan Rekor Box Office
Raup Rp1,8 Triliun, Deadpool Pecahkan Rekor Box Office
A A A
LOS ANGELES - Rekor baru pecah di box office Amerika Serikat (AS). Film berating R, Deadpool, berkuasa dengan meraup USD135 juta (Rp1,8 triliun) pada debutnya di akhir pekan Valentine/President's Day.

Pencapaian ini menandai pembukaan film berating R terbesar. Deadpool berhasil mengalahkan The Matrix Reloaded yang dibuka dengan USD91,8 juta pada 2003. Jika dihitung dengan inflasi, film yang dibintangi Keanu Reeves itu meraup USD132 juta.

Deadpool juga menjadi peraih keuntungan terbesar pada akhir pekan Februari dengan mengalahkan USD85,2 juta yang diraup Fifty Shades of Grey pada 2015 lalu. Film antihero itu juga mengalahkan film erotik tersebut untuk akhir pekan President's Day selama empat hari. Film besutan Tim Miller ini pun diprediksi meraup USD150 juta selama akhir pekan liburan selama empat hari penuh itu.

Pencapaian ini memang langka dengan melihat rating R yang distempelkan pada film ini. “Deadpool terus naik dan naik. Melampaui ekspektasi yang tidak mengantisipasinya. Dan, bukannya menjatuhkan, rating R justru membantu. Itu membuat film ini jadi event superhero yang wajib tonton,” papar Paul Dergarabedian, analis media senior untuk layanan penelurusan comScore, seperti dikutip Aceshowbiz.

Di luar AS, Deadpool juga tampil baik. Film yang dibintangi Ryan Reynolds ini meraup USD125 juta dari 61 pasar, menyaingi Star Wars: The Force Awakens. Deadpool memperoleh USD20,1 juta di Inggris dan menjadi pembuka terbesar di sepanjang sejarah Rusia dengan USD12,4 juta.

Deadpool itu sangat kreatif dan baru dan itulah yang diinginkan audiens. Saya kira banyak kredit untuk (CEO Fox) Jim Gianopulos atas keberaniannya membuat film ini,” ujar kepala distribusi domestik Fox Chris Aronson.

Sayang, prestasi yang ditorehkan Deadpool ini tidak diikuti newcomer dan film yang sangat dipromosikan, yaitu Zoolander 2. Sekuel yang sudah lama dinantikan sejak penayangan seri pertamanya pada 2001 itu hanya meraup sekitar USD15,6 juta selama akhir pekan tiga hari. Film ini harus puas duduk di peringkat 4 box office AS. Film yang dibintangi Ben Stiller dan Owen Wilson ini menerima nilai C+ dari CinemaScore.

“Tidak banyak ruang di media atau perbincangan nasional untuk hal lai selain Deadpool,” kata Jeff Bock, analis box office untuk Exhibitor Relation.

Sementara, pendatang baru How to be Single debut di peringkat 3 dengan pendapatan sekitar USD18,7 juta. Juara pekan lalu, Kung Fu Panda 3 turun satu peringkat ke posisi 2 dengan tambahan USD19,6 juta. The Revenant menutup barisan lima besar dengan USD6,9 juta.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6406 seconds (0.1#10.140)