Aku Malu dengan Amerika soal Transgender, Akupun Berbalik Arah

Senin, 29 Februari 2016 - 05:25 WIB
Aku Malu dengan Amerika...
Aku Malu dengan Amerika soal Transgender, Akupun Berbalik Arah
A A A
NEW YORK - Salah satu selebriti yang tahun ini masuk sebagai nominasi The 88th Academy Award (Piala Oscar) 2016, Anohni, telah mengumumkan bahwa dirinya tidak akan menghadiri acara tersebut.

Ya, lagi-lagi terjadi sensasi yang mengisi sebuah ajang penghargaan besar. Kali ini ada kabar kurang mengenakkan yang menyelimuti acara The 88th Academy Award, yang dijadwalkan berlangsung di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (28/2/2016) malam waktu setempat atau Senin (29/2/2016) pagi WIB.

Anohni, penyanyi yang dikenal sebagai frontwoman untuk band alternatif Antony & The Johnsons. Merupakan salah satu musisi yang masuk dalam daftar nominasi pengharggan Piala Oscar 2016 buat kategori Best Original Song.

Nominasi Piala Oscar 2016 sendiri telah melalui serangkaian sesi, yakni pembukaan poling nominasi (30 Desember 2015), penutupan poling nominasi (8 Januari 2016) hingga diumumkannya nominasi (14 Januari 2016), peluncuran nominasi (8 Februari 2016), dimulainya voting final nominasi (12 Februari 2016) dan terakhir penutupan poling nominasi final (23 Februari 2016).

Tapi, hingga beberapa hari jelang gelaran Piala Oscar 2016. Bagai kabar di siang bolong, Anohni yang sudah masuk nominasi final dan dijadwalkan bakal mentas menghibur penonton acara itu, malah justru ditendang alias gagal tampil.

Menurut laporan Variety, ada dua nominasi final Piala Oscar 2016 yang gagal tampil di atas panggung nanti, yaitu Anohni dan Sumi Jo (ANOHNI dan J. Ralph for Manta Ray dari film Racing Extinction; David Lang dan Sumi Jo untuk Simple Song #3 dari Youth).

Ternyata keputusan panitia tidak diikutsertakannya kedua musisi tersebut dalam pementasan Piala Oscar 2016 disebabkan oleh pemotongan siaran waktu.
Tapi sumber eksklusif dari Variety bilang, para pengiklan siaran langsung televisi Piala Oscar 2016 ogah memberi waktu buat Anohni dan Sumi Jo.

Para pengiklan lebih menginginkan tiga musisi saja (sesama nominasi final Best Original Song) yang diberi waktu mentas di Piala Oscar 2016, yakni The Weeknd (judul Earned It dari film Fifty Shades of Grey), Lady Gaga (Til it Happens to You dari The Hunting Ground), serta Sam Smith (Writing’s on the Wall dari Spectre).

Nah, dalam sebuah surat terbuka yang diunggah ke laman facebook Antony and the Johnsons, Anohni menulis dalam huruf kapital, ‘MENGAPA AKU TIDAK MENGHADIRI THE ACADEMY AWARDS.’

“Aku adalah satu-satunya musisi transgender yang akan mentas di panggung karena masuk nominasi Academy Award. Dan untuk itu aku mengucapkan terima kasih kepada para musisi yang telah menominasikanku.”

“Aku sedang berada di Asia ketika aku mengetahui berita ini. Lalu aku bergegas pulang untuk mempersiapkan segala sesuatu, seandainya nominator final akan diminta untuk mentas. Semua orang dihubungi atas pengumuman yang menakjubkan ini.”

“Sepekan kemudian, Sam Smith, Lady Gaga dan the Weeknd ditugaskan tampil pada malam Academy Award dengan berita lain yang menyebut musisi lain yang akan mentas akan diumumkan tak lama lagi.”

“Bingung, aku duduk dan menunggu. Seandainya ada orang yang bisa aku hubungi? Tapi setelah waktu berlalu dan mulai membuatku bosan, aku tak mendengar kabar apapun. Akupun dikepung oleh orang-orang yang bertanya, apakah nantinya aku akan mentas di acara itu.”

Setelah beberapa hari, Anohni pun menyadari jika produser siaran Piala Oscar 2016 telah memutuskan untuk menampilkan sejumlah musisi yang masuk nominasi Best Original Song saja, tentunya ‘yang dianggap lebih berharga dari sisi komersial alias pemasukan iklan.’

“Tampak merendahkan saat melihat artikel di Variety, The Daily Telegraph, Pitchfork, Stereogum, dll, yang mulai muncul. Gerhana menutupi pemberitahuan ucapan selamat sebelumnya. Sekarang, surat kabar itu menyebutku sebagai salah satu dari dua musisi yang telah ditendang dari gala Academy Award karena kendala waktu. Dalam kalimat berikutnya diumumkan bahwa Dave Grohl yang tidak masuk nominasi final kategori apapun, malah justru masuk dalam daftar musisi yang akan tampil.”

“Semua orang mengatakan kepadaku bahwa aku masih harus hadir dan berjalan menyusuri karpet merah, karena itu masih ‘akan bagus buat karirku.”

Anohni mengatakan bahwa dirinya telah berusaha memaksakan berada dalam pesawat menuju Los Angeles guna menghadiri acara pra-Oscar. Tapi Anohni “merasakan malu dan kemarahan, membuatku kembali (pulang).”

“Aku membayangkan bagaimana rasanya bagiku untuk duduk di antara semua bintang yang ada di Hollywood, (mungkin) bagi beberapa selebriti yang berani, akan mendekatiku dengan wajah sedih dan ikut menyesalinya. Meski begitu, aku sudah terlanjur merasakan malu yang mengingatkanku tentang afirmasi awal Amerika tentangku sebagai seorang transgender. Akupun berbalik arah dari bandara dan pulang ke rumah.”

“Jadi aku telah memutuskan untuk tidak menghadiri Academy Awards tahun ini. Aku tidak akan terbuai ke dalam pengajuan dengan beberapa label bagus, merasakan balada yang bagus dan rasa sedikit kuno T. dan A.”

“Mereka akan mencoba untuk meyakinkan kita bahwa dalam hati mereka memiliki kepentingan terbaik atas kami dengan mengibarkan bendera buat identitas politik dan isu-isu moral palsu. Tapi jangan lupa bahwa banyak dari selebriti ini adalah piala dari perusahaan miliarder yang hanya berniat untuk memanipulasi Anda guna mendapat persetujuan Anda dan kepingan uang terakhir Anda. Mereka telah dibayar untuk melakukan tap dance untuk menduduki Anda selagi (kota) Roma terbakar.”

Profil singkat Anohni
Nama lengkap: Antony Hegarty
Kelahiran: 24 Oktober 1971, Chichester, Sussex, Inggris
Pada 1981 keluarganya pindah ke San Fancisco Bay Area. Lalu pada 1990 Anohni pindah ke Manhattan, New York.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)