Ini Kerugian Jika Telat Periksa Risiko Diabetes

Senin, 11 April 2016 - 15:30 WIB
Ini Kerugian Jika Telat Periksa Risiko Diabetes
Ini Kerugian Jika Telat Periksa Risiko Diabetes
A A A
JAKARTA - Pakar diabetes, Prof Dr dr Sidartawan Soegondo mengungkapkan, bahwa menjaga kadar gula darah, melakukan pemeriksaan dini dan menjalankan pola hidup sehat, bisa mencegah seseorang terserang diabetes. Sayangnya, sebagian besar pasien diabetes berobat ketika sudah adanya gejala.

Padahal, hal ini bisa menyebabkan kerugian banyak hal. Karena itu, Prof Sidartawan pun menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan sebelum munculnya gejala diabetes.

"Kerugian pertama adalah pasien sudah pasti harus membeli obat. Selain itu, biaya yang akan dikeluarkan juga akan lebih besar," papar Prof Sidartawan saat ditemui Sindonews di Hotel Bidakara, Jakarta.

Parahnya, telat memeriksakan diri juga bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit dan risiko kematian yang besar. Sementara, beberapa penyakit yang akan muncul adalah jantung, hipertensi dan paru-paru.

Tidak hanya itu, faktor risiko juga harus diperhatikan. Mereka yang memiliki keluarga menderita diabetes, berisiko lebih besar terserang diabetes. Apalagi ditambah dengan berat badan berlebih dan jarang melakukan aktivitas fisik.

"Kita lihat saja, kalau ada anggota keluarga, ayah, ibu, om, tante atau kakek dan nenek yang punya diabetes, periksalah ke dokter. Cek gula darah dan resistensi insulinnya. Dengan begitu diabetes bisa dicegah dan pasien menghemat banyak biaya dan waktu pengobatan," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9634 seconds (0.1#10.140)