6 Langkah Alami Atasi Perut Kembung

Rabu, 13 April 2016 - 18:30 WIB
6 Langkah Alami Atasi Perut Kembung
6 Langkah Alami Atasi Perut Kembung
A A A
JAKARTA - Perut kembung bisa menyerang siapa saja dan terasa tidak nyaman. Keadaan ini umumnya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari makan yang terlalu cepat hingga mengonsumsi minuman yang bersoda.

Peneliti dari Denmark menjelaskan, perut kembung digambarkan dengan bentuk perut yang mengembang seperti ban cadangan dan atas kue muffin. Selain itu, kulit juga akan terasa sulit disentuh.

Meski demikian, sejumlah peneliti menilai ini bukanlah masalah yang serius. Namun, pastikan perut Anda tidak kembung selama berhari-hari. Pasalnya, hal tersebut perlu diwaspadai.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara dengan alami. Berikut ulasannya yang dilansir dari Purewow.

1. Buah banyak kandungan air
Mengonsumsi buah dengan banyak kandungan air, seperti semangka, nanas dan blewah dinilai bisa mencegah kembung. Pasalnya, buah tersebut memiliki kadar potasium yang tinggi.

2. Sering minum air
Untuk meredakan perut kembung, sejumlah peneliti menganjurkan mengonsumsi air dalam jumlah sedikit namun sering. Pasalnya, menahan diri untuk tidak minum bisa mempengaruhi sistem tubuh.

3. Makan dalam porsi kecil
Selain minum, hal senada juga bisa Anda lakukan saat makan. Makanlah dalam porsi kecil namun sering. Cara ini bisa mengontrol gula darah dan mengurangi kembung.

4. Mengisap permen
Kerap mengunyah permen karet diklaim bisa memicu banyak udara masuk ke perut. Dengan demikian, perut pun menjadi mudah kembung. Dibandingkan mengunyah, idealnya Anda mengisap permen bebas gula lain.

5. Minum kopi hitam
Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi kopi hitam dinilai bisa mengatasi kembung. Kandungan kafein dalam kopi bisa membantu usus berkontraksi dan membuang kotoran.

6. Bergerak
Bergerak menyimpan banyak manfaat. Termasuk gerakan kecil seperti berjalan bisa membantu melancarkan peredaran darah hingga terhindar dari perut kembung.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6235 seconds (0.1#10.140)