Ini Cara Tepat untuk Pertolongan Pertama Tersiram Air Panas

Senin, 18 April 2016 - 13:15 WIB
Ini Cara Tepat untuk...
Ini Cara Tepat untuk Pertolongan Pertama Tersiram Air Panas
A A A
JAKARTA - Pasta gigi, kecap hingga mentega kerap digunakan sejumlah orang sebagai penolongan pertama untuk mengobati luka akibat tersiram air panas. Kebiasaan ini pun sudah dipercaya dan dilakukan sejak lama.

Sayang, cara tersebut tidaklah tepat. Spesialis bedah Siloam Hospital TB Simatupang, dr Roys Pangayoman SpB, mengungkapkan bahwa mengobati luka dengan odol, kecap dan mentega bisa menyebabkan infeksi.

"Orang-orang kita tuh kalau kesiram air panas diapain? Pakai odol, kecap, mentega? Itu tidak dianjurkan. Jangan obati luka dengan macam-macam seperti itu, karena yang ada bisa infeksi," papar Roys saat ditemui Sindonews di Siloam Hospital TB Simatupang, Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Sebaiknya, pengobatan tersiram air panas dilakukan dengan cara menghilangkan sumber panas. Hal ini bisa dilakukan dengan membasuh luka dengan air yang mengalir.

"Logikanya kalau panas ya harus didinginkan. Caranya hilangkan sumber panasnya. Kalau kena api ya hilangkan sumber apinya. Jadi hal utama itu hilangkan dulu sumbernya. Atasi panasnya dengan cara air mengalir sampe terasa dingin. Terus tutup pakai handuk atau kasa yang bersih dan bawa ke rumah sakit," kata dia.

Padahal, luka bakar merupakan trauma berat. "Luka bakar di atas 10% saja, trauma kepala kalah sama luka bakar," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)