8 Pusat Kuliner Ramadhan Paling Populer di Indonesia

Rabu, 15 Juni 2016 - 14:25 WIB
8 Pusat Kuliner Ramadhan Paling Populer di Indonesia
8 Pusat Kuliner Ramadhan Paling Populer di Indonesia
A A A
JAKARTA - Datangnya bulan puasa Ramadhan dimanfaatkan banyak orang untuk menjual berbagai jenis menu berbuka puasa. Pasar-pasar kaget yang menjual berbagai makanan khas bulan puasa pun bermunculan di seluruh penjuru kota. Di mana saja kah itu?

Berikut pusat kuliner paling populer di kota besar di Indonesia yang dikutip dari Skyscanner.

1. Banda Aceh

Setelah salat Ashar, warga Banda Aceh langsung bergerak menuju beberapa titik kuliner buka puasa untuk ngabuburit sekaligus mencari makanan untuk berbuka. Pusat kuliner Ramadhan di Banda Aceh bisa ditemukan di Jalan Lampisang, Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Simpang Lima, Darussalam, dan Pasar Aceh yang terletak di sebelah Masjid Raya Baiturrahman.

Di tempat-tempat tersebut, Anda bisa menemukan berbagai makanan khas Aceh, seperti Kue Boi, Meuseukat Halua Breuh, Timpan, Boh Rom-Rom, dan Rujak Aceh.

2. Padang
Pasar Pabukoan yang berlokasi di depan Balai Kota Padang selalu menjadi pusat jajanan berbuka puasa ketika bulan Ramadhan tiba. Berbagai makanan khas Sumatra Barat bisa Anda temukan di sini, seperti Lamang Tapai, Lopis Sarabi, Bubur Kampiun, serta berbagai gulai yang menjadi andalan kuliner Padang.

3. Medan
Sebagai kota yang terkenal dengan wisata kulinernya, Anda bisa menemukan pusat kuliner berbuka puasa hampir di seluruh kota Medan. Yang paling populer adalah di sekitar kampus Universitas Sumatera Utara (USU) yang menyediakan berbagai macam takjil.

Ada pula Kampoeng Ramadhan di Kecamatan Medan Johor di mana Anda bisa mencoba berbagai makanan khas Melayu. Jangan lupa cicipi juga bubur sop Kesultanan Deli yang sudah menjadi makanan wajib buka puasa di Istana Maimun sejak tahun 1909, di Masjid Raya Al-Mahsun di Jalan Sisingamangaraja.

4. Jakarta
Ada dua tempat yang sudah terkenal sebagai pusatnya jajanan berbuka puasa setiap bulan Ramadhan di Jakarta, yaitu Pasar Benhil dan Kramat Raya. Setiap harinya, daerah ini selalu ramai oleh penjual dan pembeli makanan di sepanjang jalan. Anda bisa menemukan semua makanan dari Sabang sampai Merauke.

5. Bogor
Setiap bulan Ramadhan, sebuah pasar kaget akan buka di daerah Bantarjati, Bogor. Anda bisa menemukan berbagai takjil seperti es buah, kolak, dan kurma. Datanglah sekitar pukul 16:00, pasalnya jajanan di sini biasanya akan habis terjual ketika Maghrib. Selain Bantarjati, ada juga tempat berbuka puasa di Jalan Pajajaran dan Taman Kencana.

6. Bandung
Jajanan khas Bandung bisa ditemukan di hampir seluruh Kota Kembang ini, mulai dari cireng, brownies, surabi, hingga batagor. Namun ketika bulan Ramadhan tiba, Lapangan Gasibu dan Gedung Sate akan menjadi pusatnya jajanan untuk berbuka.

7. Yogyakarta

Kampung Kauman yang merupakan kampung Islam selalu dipenuhi warga setempat yang mencari hidangan untuk berbuka selama bulan puasa. Anda bisa menemukan berbagai jajanaan tradisional, seperti botok, kicak, kipo, dan juga berbagai jenis pepes.

8. Surabaya

Pasar Blauran dan Pasar Atom menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga untuk mencari menu berbuka puasa. Berbagai kue basah seperti klepon, lupis, putu, klanting, gethuk, ketan hitam, sampai tiwul bisa Anda temukan di sini. Anda pun bisa mencicipi bubur Madura, kue lumpur, kue dolar, dan bongko menthuk yang siap memuaskan perut Anda.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3905 seconds (0.1#10.140)