8 Paduan Perjalanan ke Eropa Agar Tetap Nyaman

Rabu, 22 Juni 2016 - 14:28 WIB
8 Paduan Perjalanan ke Eropa Agar Tetap Nyaman
8 Paduan Perjalanan ke Eropa Agar Tetap Nyaman
A A A
JAKARTA - Eropa merupakan tempat yang selalu menarik untuk dikunjungi. Dengan beragam tempat wisata yang sangat menarik, Eropa merupakan destinasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Berencana untuk pergi ke Eropa adakalanya untuk mempersiapkan sesuatu hal agar perjalanan ke Eropa menyenangkan. Terlebih bagi wisatawan yang perdana datang ke Eropa. Mengutip Skycanner berikut panduan pergi ke Eropa untuk pertama kalinya :

1. Tentukan Destinasi
Bepergian sendirian membuat Anda bebas menentukan negara atau kota mana saja yang akan Anda tuju. Jika ini pengalaman pertama Anda bepergian ke Eropa tanpa tur, bukan hal aneh jika Anda ingin mengunjungi sebanyak-banyaknya destinasi di sana. Faktanya, Eropa bukan tempat yang kecil. Semakin banyak destinasi yang ingin dikunjungi akan berpengaruh terhadap waktu dan biaya yang dibutuhkan.

Sekadar catatan, periode libur sekolah di bulan Juni-Juli dan libur akhir tahun pada bulan Desember-Januari menjadi musim termahal di Eropa. Jika berencana menghemat budget, pergilah di luar kedua periode itu. Tentukan waktu. Tentukan destinasi. Tentukan prioritas.

2. Tentukan Transportasi yang Efektif
Setelah memilih destinasi, kini saatnya menentukan transportasi untuk mencapai negara/kota yang akan Anda tuju. Untuk menjejalahi Eropa, Anda dapat menggunakan pesawat, kereta, atau bus. Selain biaya, efektivitas waktu menjadi hal yang patut diperhitungkan. Jika Anda berencana menggunakan pesawat, EasyJet, Ryanair, Germanwings, atau Wizz Air menjadi low-cost airline yang banyak dipilih wisatawan.

Selain itu, berpindah negara menggunakan kereta dengan Eurail Pass yang menjangkau 28 negara di Eropa menjadi salah satu opsi menarik. Untuk menghindari situasi yang tidak nyaman karena kehabisan tiket, sebaiknya pesan tiket Anda sebelum hari keberangkatan.

3. Tentukan Transportasi Harian
Selain menentukan transportasi untuk berpindah kota/negara, Anda juga perlu memerhatikan jenis transportasi yang akan digunakan sebagai daily transport selagi berada di suatu tempat. Metro, tram dan bus menjadi tiga alat transportasi yang kerap dijadikan pilihan. Di luar itu, menggunakan taksi, menyewa mobil, atau ridesharing dapat dijadikan alternatif.

Jika Anda memilih menggunakan metro, tram, atau bus, pilihan tiket yang akan Anda beli (apakah tiket sekali jalan atau membeli Day Pass) dapat disesuaikan dengan banyaknya destinasi yang akan Anda tuju, durasi waktu yang Anda habiskan selagi berada di tempat itu, dan budget yang Anda siapkan.

4. Tentukan Penginapan
Hotel, hostel, atau apartemen menjadi tiga tempat yang dapat Anda pilih untuk beristirahat. Jika Anda ingin terlelap di tempat nyaman yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, hotel menjadi pilihan terbaik.

Jika Anda ingin bertemu dan berinteraksi dengan wisatawan dari penjuru dunia lain, dorm room di hostel merupakan pilihan yang tepat. Apabila Anda memilih untuk menginap di hostel, jangan lupa untuk membawa handuk (karena tidak semua hostel menyediakannya) dan gembok serta kuncinya (untuk mengunci loker). Apapun pilihannya, sebaiknya pilih penginapan di dekat stasiun kereta. Penginapan yang berlokasi di dekat stasiun akan menghemat waktu dan memudahkan Anda untuk pergi ke lebih banyak tempat lagi.

5. Manfaatkan City Card
Dalam upaya membuat kegiatan wisata menjadi lebih nyaman, beberapa kota di Eropa menyediakan kartu khusus yang dapat dimanfaatkan para turis. Dengan membeli Amsterdam City Card, The Paris Pass, Barcelona Card, Berlin WelcomeCard, dan city card di kota lain, Anda mendapat akses untuk memanfaatkan segala moda transportasi (bis, metro, kereta), tiket gratis ke museum/galeri seni/bangunan bersejarah/tempat-tempat wisata lain, terbebas dari antrian ketika berkunjung ke tempat wisata, potongan harga di beragam restoran dan pertokoan, serta peta gratis yang telah dilengkapi daftar destinasi menarik.

6. Lakukan Pembelian Tiket ke Tempat Wisata secara Online

Di dunia yang serba digital seperti sekarang, pembelian apapun dapat dilakukan secara online, termasuk pembelian tiket ke tempat wisata. Banyak tempat wisata di Eropa yang sudah menerapkan pembelian tiket secara online untuk memudahkan wisatawan yang akan berkunjung. Selain membuat wisatawan lebih nyaman karena tidak perlu repot mengantri, pembelian tiket secara online memberi benefit lain yaitu harga tiket yang lebih murah!

7. Kuasai Beberapa Kalimat Dasar Dalam Bahasa Setempat
Sebagai media untuk berkomunikasi, bahasa menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika Anda bepergian. Untuk memperlancar perjalanan Anda berkeliling Eropa, pastikan Anda menguasai beberapa kalimat dasar dalam bahasa setempat, khususnya ketika Anda berkunjung ke Prancis yang penduduknya lebih memilih/lebih aktif berbicara dalam bahasa Prancis dibandingkan bahasa Inggris. Anda tidak perlu fasih berbicara Prancis, cukup kuasai kata-kata dasar seperti ‘permisi’, ‘maaf’, ‘terima kasih’, ‘di mana’, ‘berapa’, dan ‘apakah Anda bisa berbicara Bahasa Inggris?’.

8. Bawa Makanan Favorit
Anda tidak boleh meremehkan urusan perut. Selagi berkeliling Eropa, Anda akan menemukan makanan dengan karakter yang berbeda-beda di setiap kota/negara. Jika Anda merupakan sosok yang terbilang sulit beradaptasi dengan makanan, membawa makanan favorit Anda menjadi opsi yang patut dipertimbangkan. Rendang/dendeng, abon, dan makanan kering merupakan tiga makanan yang sering dibawa wisatawan Indonesia ketika berwisata. Pelengkap makanan seperti sambal, saos cabai, saos tomat, atau sambal tabur juga wajib untuk dibawa.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)