Awas! Iklim Tropis Picu Keriput Lebih Cepat

Selasa, 12 Juli 2016 - 14:54 WIB
Awas! Iklim Tropis Picu Keriput Lebih Cepat
Awas! Iklim Tropis Picu Keriput Lebih Cepat
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penuaan. Hal tersebut terlihat dari timbulnya keriput pada wajah. Namun, keriput tak hanya disebabkan factor usia yang semakin bertambah, bisa juga karena cuaca yang kering.

Sekelompok ilmuwan asal Jepang mengungkapkan, cuaca bisa menyebabkan timbulnya keriput pada wajah lebih cepat. Mereka melakukan riset yang melibatkan responden untuk tersenyum di dalam ruangan dengan tingkat kelembapan 10% atau 80%.

Dilansir Allure, para ilmuwan yang menggunakan teknologi meneliti, apakah senyum bisa membuat kulit menjadi berlipat dan keriput. Hasilnya, responden yang berada di ruangan dengan kelembapan yang kurang merasakan kulit menjadi kaku dan lipatan kulit terlihat jelas.

Penelitian ini menunjukkan bahwa di iklim yang kering bisa menyebabkan timbulnya keriput lebih cepat. Hal ini disebabkan cuaca yang kering, air dalam kulit akan menguap, dan pelembab yang digunakan juga akan lebih cepat menguap.

"Studi ini menunjukkan dengan objektif bahwa keriput akan lebih cepat muncul dalam jangka pendek maupun panjang," kata dokter kulit berbasis di New York, Robert Anolik.

Meski demikan, Anolik menyarankan untuk tidak khawatir. Sebagai perlindungan, bisa menggunakan krim wajah pada pagi dan malam hari. Anda juga bisa menggunakan krim wajah dengan kandungan asam hyaluronat dan ceramide.

Untuk mempertahankan kelembapan kulit, gunakan juga facial mist dengan kandungan lidah buaya atau gliserin.

"Kulit Anda harus mencapai titik kelembaban tertinggi sehingga Anda harus tetap menggunakan krim dan pelembab," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5207 seconds (0.1#10.140)
pixels