4 Gejala Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Jum'at, 22 Juli 2016 - 13:53 WIB
4 Gejala Darah Tinggi pada Ibu Hamil
4 Gejala Darah Tinggi pada Ibu Hamil
A A A
JAKARTA - Hipertensi dalam kehamilan merupakan hal yang umum terjadi pada Ibu hamil. Seorang wanita dikatakan mengalami hipertensi pada kehamilan jika tekanan darahnya di atas 140/90 mm Hg.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Evasari Awal Bros, dr. Sita D. Utari SpOG menjelaskan, hipertensi pada ibu harus ditangani dengan tepat. Jika tidak, hal ini bisa membahayakan bayi dan sang ibu.

Sementara, untuk gejala bermacam-macam. Berikut gejala hipertensi pada ibu hamil.

1. Tekanan darah lebih dari 140/90 mm Hg
Normalnya, tekanan darah pada ibu hamil dibawah 140/90 mmHg. Ketika tensi darah ibu hamil melebihi batas tersebut, maka hal ini sudah termasuk gejala darah tinggi.

2. Pengeluaran urin yang sangat sedikit
Jika ibu hamil tidak pernah buang air kecil, maka hal ini perlu diwaspadai sebagai salah satu gejala darah tinggi. Namun untuk mengetahuinya secara pasti, Anda dapat melakukan tes urin. Biasanya urin penderita darah tinggi ibu hamil juga mengandung protein.

3. Kenaikan berat badan yang tidak normal
Meskipun kenaikan berat badan merupakan hal yang normal dialami oleh ibu hamil, namun jika kenaikannya sangat berlebihan dan disertai dengan gejala lain, tentu hal ini perlu untuk diwaspadai.

4. Pembengkakan
Tanda yang paling terasa adalah terjadinya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh seperti kaki, wajah dan bagian-bagian tubuh yang lain. jika tanda-tanda diatas Anda alami, maka sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7387 seconds (0.1#10.140)
pixels