Unik! Siswa SD Buat Baju Khusus Penyandang Difabel

Selasa, 26 Juli 2016 - 08:30 WIB
Unik! Siswa SD Buat Baju Khusus Penyandang Difabel
Unik! Siswa SD Buat Baju Khusus Penyandang Difabel
A A A
JAKARTA - Berkat tangan kreatif anak muda, berbagai hal bisa disulap menjadi busana yang menarik dan unik. Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Yesaya Sandya dan Josephine Meisya, murid SD Kristen Widya Wacana Jamsaren, Solo, Jawa Tengah.

Murid kelas 4 SD ini berhasil menghadirkan terobosan baru dalam dunia fashion dan sains. Dengan nama Kancing Difabel, keduanya membuat sebuah busana khusus ditujukan bagi peyandang difabel. Di mana kancing yang biasa digunakan diganti dengan magnet jenis neodymium.

"Kami membuat baju kancing difabel terinspirasi dari Kenzo, adik kelas kami. Kenzo tangannya kaku dan kesulitan menggunakan baju. Lalu kami berdiskusi dengan tim riset dan mengganti kancing dengan magnet," papar pencipta Kancing Difable, Yesaya kepada Sindonews saat penjurian final Kalbe Junior Scientist Award di Desa Wisata TMII, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Unik! Siswa SD Buat Baju Khusus Penyandang Difabel


Proses produksinya pun terbilang cukup mudah. Yesaya mengaku, pihaknya hanya membutuhkan waktu tiga jam untuk membuatnya. Sementara bahan baku yang dibutuhkan diantaranya, kemeja, gunting, magnet neodymium, benang dan jarum.

"Gunting baju pada sisi kancing dan keluarkan kancingnya. Ganti dengan magnet. Letakan magnet pada sisi tersebut dan jahit berputar pada sisinya. Selanjutnya letakkan juga magnet di sisi satunya dan jait kembali. Setelah selesai, rekatkan magnet," jelasnya.

Untuk mempermanis busana, Meisya menyarankan untuk menempelkan kancing pada sisi kiri. Sedangkan untuk perawatan, tidak dianjurkan mencucinya dengan mesin cuci.

"Biar seperti baju anak normal lainnya, kita bisa tempel kancing. Untuk pencucian, bisa pakai detergen tapi jangan di cuci dengan mesin cuci. Manual pakai tangan saja. Ini biar daya magnetnya nggak hilang," kata Meisya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6362 seconds (0.1#10.140)