Stimulasi Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Jum'at, 04 November 2016 - 01:30 WIB
Stimulasi Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
Stimulasi Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Anak
A A A
JAKARTA - Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, para orang tua perlu memahami kemampuan belajar anak dan menstimulasi sesuai dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing anak.

"Saya percaya kita perlu memahami bahwa anak-anak kita pintar dalam banyak hal dan harus menstimulasi mereka dengan pengalaman yang menarik untuk mengembangkan kepintaran mereka," papar pakar Multiple Intelligence, Dr Thomas Armstrong saat peluncuran Parenting Club Wyet Nutrition di Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Hal senada juga diungkapkan oleh Parenting Educator, Dr. Andyda Meliala. Menurut dia, stimulasi merupakan cara tepat untuk mengembangkan otak anak secara optimal. Di mana stimulasi bisa dilakukan dengan memberikan pengalaman yang menarik.

"Stimulasi adalah kunci untuk mengembangkan otak anak secara optimal. Orang tua perlu memberikan stimulasi yang tepat sejak dini. Untuk mencapai hasil terbaik, orang tua harus membiasakan untuk memberi stimulasi setiap hari melalui kegiatan yang menyenangkan dan kreatif," ujar Dr. Andyda.

Dr. Armstrong menambahkan, stimulasi bisa dilakukan melalui delapan jenis kepintaran. Hal tersebut adalah world smart, number smart, picture smart, music smart, body smart, people smart, self smart dan nature smart.

"Anak sebaiknya bisa distimulasi semuanya (delapan jenis kepintarna). Karena orang tua nggak tau apa yang akan berkembang. Kalau dibatasi mereka nggak akan punya skil dan kehidupan yang berkembang. Ini juga bisa memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan kemampuannya," kata Dr. Armstrong.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5316 seconds (0.1#10.140)