Atasi Jerawat Hingga Penuaan Dini dengan Ampas Teh

Jum'at, 06 Oktober 2017 - 08:19 WIB
Atasi Jerawat Hingga Penuaan Dini dengan Ampas Teh
Atasi Jerawat Hingga Penuaan Dini dengan Ampas Teh
A A A
JAKARTA - Dibalik rasanya yang lezat, teh dikenal kaya akan manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya mampu menurunkan berat badan. Sejumlah orang pun percaya mengonsumsi teh hijau dapat membakar lemak sehingga tubuh menjadi langsing, meningkatkan metabolisme hingga mampu mengurangi risiko kanker.

Menariknya, selain baik untuk kesehatan, ampas teh juga mengandung berbagai khasiat. Salah satunya merawat kecantikan kulit. Berikut manfaat ampas teh untuk kecantikan seperti dikutip dari Sociolla.

1. Mencegah penuaan dini
Anda bisa memanfaatkan ampas teh untuk membuat kulit lebih kencang. Caranya cukup baurkan ampas teh secara merata pada wajah dalam kondisi bersih, kemudian diamkan hingga mengering. Setelah itu, basuh dan bersihkan ampas teh yang menempel pada wajah dengan air suam-suam kuku hingga bersih. Seperti diketahui, teh tinggi akan kandungan anti oksidan. Selain dapat membantu memperbaiki jaringan dan elastisitas kulit, bahan alami ini juga baik untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, age spot dan kerutan.

2. Menyamarkan kantung mata
Selain mengatasinya dengan eye cream, Anda bisa juga memanfaatkan ampas teh untuk menyamarkan kantung mata. Teh memiliki sifat anti-iritasi dan anti-oksidan tinggi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sekitar mata. Caranya, kompres kedua bagian mata dengan ampas teh atau kantung bekas teh yang telah dicelupkan ke dalam air es untuk mendapatkan efek dingin yang menyejukkan. Biarkan hingga memberikan sensasi rileks, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Rutin melakukan hal ini minimal seminggu tiga kali, juga bisa mengurangi mata lelah serta membantu mengembalikan rona cerah alami pada kulit di area mata.

3. Mengatasi jerawat
Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan ampas teh dengan air hingga teksturnya mengental. Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, kemudian diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan langkah ini setiap hari hingga jerawat mereda. Senyawa katekin di dalam teh bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain lebih ekonomis, menggunakan teh untuk perawatan kecantikan juga lebih efisien dan aman karena merupakan bahan alami yang minim akan efek samping.

4. Mengontrol produksi kelenjar minyak
Selain mampu mengurangi jerawat, ampas teh juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi kilap di wajah. Bahan alami ini memiliki kandungan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan kadar gula yang juga memengaruhi produksi kelenjar sebum yang menyebabkan kadar minyak berlebih. Cara mengaplikasikannya pun sama seperti untuk mengatasi jerawat.

5. Membantu mengelupaskan kulit
Ampas teh memiliki tekstur cenderung kasar sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati. Selain mampu mengangkat berbagai kotoran, debu dan polusi, kandungan dalam teh juga bisa menenangkan, menghaluskan dan mencerahkan rona kulit. Caranya, cukup baurkan ampas teh pada seluruh permukaan wajah. Kemudian pijat lembut area wajah dengan gerakan memutar dengan tekanan pelan. Diamkan selama 5 – 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Namun untuk menghindari menipisnya lapisan kulit karena terlalu sering eksfoliasi, sebaiknya lakukan cara ini satu atau dua kali dalam sepekan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6106 seconds (0.1#10.140)