Tips Membuat Parfum di Rumah

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 19:20 WIB
Tips Membuat Parfum di Rumah
Tips Membuat Parfum di Rumah
A A A
JAKARTA - Bagi kaum urban, wewangian telah menjadi bagian dari gaya hidup yang melengkapi penampilan. Parfum yang mewah dan memancarkan kesegaran tak hanya menjadi penambah kepercayaan diri, namun juga merefleksikan karakter yang siap menghadapi tantangan.

Nah, ternyata anda pun bisa membuat parfum sendiri loh. Mengutip Wikihow, berikut cara membuat parfum di rumah.

1. Tambahkan aroma dasar
Langkah pertama untuk membuat wewangian adalah memasukkan aroma dasar. Sering kali, aroma dasar berupa aroma bumi yang wanginya bertahan lama pada parfum dan kandungannya dapat sebesar lima hingga 20 persen dari campuran parfum (tetapi takaran ini bervariasi).

Namun, sebagian orang memilih menggunakan aroma seperti minyak biji anggur ataupun minyak almon manis. Ini merupakan pilihan Anda sendiri dan dapat dicoba-coba untuk mengetahui aroma apa yang disukai.

2. Campurkan aroma tengah
Ini merupakan jantung dari parfum, yang aromanya tercium setelah aroma awal memudar. Sebagian orang memilih untuk menggunakan aroma bunga untuk bagian ini, tetapi ini merupakan pilihan pribadi Anda sendiri. Sering kali aroma tengah adalah bagian terbesar dari campuran parfum (50 hingga 80 persen), tetapi sekali lagi, ini bervariasi tergantung dari masing-masing percobaan. Berikut beberapa saran yang melanjutkan langkah sebelumnya.

3. Tambahkan aroma awal
Akhirnya, tambahan utama yang terakhir pada parfum adalah aroma awal, yang akan cepat memudar tetapi akan menjadi aroma pertama yang tercium saat parfum dibuka. Ini sering kali dapat sebanyak lima hingga 20 persen dari campuran parfum, tetapi Anda dapat memasukkan lebih banyak atau lebih sedikit, jika suka. Sebagian orang lebih suka menggunakan aroma buah, mint, atau sesuatu yang menyegarkan untuk aroma awal. Cobalah berbagai aroma jika Anda tidak yakin dan cari tahulah yang mana paling Anda sukai.

4. Lakukan eksperimen dengan berbagai aroma
Jika Anda sudah mencoba sejumlah kombinasi berbeda dan tidak meyukainya, mungkin Anda perlu sekadar bereksperimen dengan berbagai aroma. Bermain-mainlah dengan aroma yang berbeda-beda hingga menemukan aroma yang Anda sukai.

5. Kocoklah parfum dan gunakan
Setelah menambahkan semua bahan ke dalam wewangian, kocoklah. Ini akan membuat aroma tercampur dan menyatu. Setelah itu, jika Anda cukup sabar, diamkan selama sebulan sebelum menggunakannya. Anda dapat menggunakannya sebelum saat itu, namun aromanya akan menjadi lebih kuat saat didiamkan dan aroma alkoholnya juga akan memudar.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6066 seconds (0.1#10.140)
pixels