5 Tempat Wisata Paling Menarik di Pulau Sumba, NTT

Rabu, 14 Februari 2018 - 14:20 WIB
5 Tempat Wisata Paling Menarik di Pulau Sumba, NTT
5 Tempat Wisata Paling Menarik di Pulau Sumba, NTT
A A A
JAKARTA - Sebagian wisatawan mungkin belum terlalu akrab dengan Pulau Sumba, salah satu pulau yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Padahal, kawasan ini menyimpan kekayaan alam yang cantik untuk dinikmati.

Nah, apabila Anda ingin menjadi saksi keindahan alam yang tak ada bandingnya ini, sempatkanlah waktu sejenak untuk berkunjung ke Tanah Sumba. Ada beberapa maskapai yang mendarat di bandar udara Tambulaka, salah satunya adalah Garuda Indonesia. Mengutip Skyscanner berikut 5 tempat wisata populer di Sumba:

1. Waikelo Sawah
Waikelo Sawah merupakan objek wisata berupa air terjun dan bendungan buatan. Awalnya, air terjun ini merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air dan telah dikelola sejak 1976 oleh pihak pemerintah. Waikelo Sawah memiliki debit air hingga 1.000 liter per detik.

Air yang mengalir di Waikelo Sawah dipergunakan oleh warga setempat sebagai sumber air bersih, terutama untuk mandi. Selain itu, limpahan air ini juga sangat membantu petani karena dialirkan ke sawah-sawah di sekitarnya.

Pemandangan di sekeliling Waikelo Sawah sangat cantik. Panorama alamnya memesona dan masih alami. Warna hijau tanaman yang tumbuh subur di tebing-tebing sekelilingnya membuat suasana menjadi terasa sejuk.

Ada beberapa gua megah dan laguna gua bisa dijumpai di sini. Salah satunya, sebuah objek berbentuk mirip pintu dan terbuat dari batu. Keberadaan objek ini semakin membuat Waikelo Sawah terlihat eksotis dan menarik.

2. Desa Rottenggaro
Bila Anda ingin membaur dengan penduduk lokal, berkunjunglah ke Desa Rottenggaro. Di desa ini, Anda dapat mempelajari bahasa, budaya, dan kebiasaan-kebiasaan penduduk setempat yang masih erat memegang budayanya. Bonusnya, Anda pun bisa mencicipi masakan khas Sumba yang eksotis.

Di Desa Rottenggaro, terdapat rumah tradisional khas Sumba yang terbuat dari bambu. Tinggi atapnya mencapai 25 meter. Atap yang tinggi ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada roh para leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu, yaitu kepercayaan yang dianut penduduk lokal.

Nah, jika Anda ingin sedikit menyegarkan diri dengan pemandangan laut, Anda bisa berkunjung ke sebuah pantai cantik yang terletak tidak jauh dari pedesaan ini. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang didukung oleh airnya yang jernih dan pasirnya yang putih dan lembut.

3. Pantai Bawana
Pantai ini sangat anggun dengan tebing-tebing batunya yang memesona. Sebuah batu berbentuk lengkungan besar yang tampak seperti gerbang terlihat anggun berdiri di salah satu area pantai.

Keunggulan Pantai Bawana adalah kondisi pasirnya yang putih dan lembut. Selain suasana pantai yang indah, pemandangan di sekitarnya yang berwarna hijau juga tentu menjadi daya tarik tersendiri. Menariknya, pantai ini masih belum terlalu ramai sehingga acara berlibur ke tempat ini bisa semakin maksimal.

4. Air Terjun Waimarang
Anda yang senang dengan wisata air pasti akan sangat jika berkunjung ke Sumba. Di Sumba terdapat banyak objek wisata air yang menarik. Salah satu di antaranya adalah Air Terjun Waimarang.

Air Terjun Waimarang bisa jadi merupakan lukisan tangan Tuhan yang paling indah. Bagaimana tidak, di sini Anda dapat menikmati tenangnya berendam dalam sebuah kolam alami yang berdinding batu. Tebing yang ditumbuhi lumut kehijauan pun semakin menambah kesan alami tempat ini.

Selain berendam dan berenang, Anda juga bisa menenangkan diri dengan sekadar duduk-duduk di sekitar kolam sambil melakukan yoga. Suara alam yang menenangkan bisa menjadi salah satu obat stres yang paling manjur.

5. Bukit Wairinding
Selain pantai dan air terjun yang memukau, ada pula objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi, yaitu Bukit Wairinding. Bukit Wairinding berlokasi di Sumba Timur. Objek wisata ini merupakan rangkaian pegunungan yang sangat luas dan dihiasi oleh rerumputan yang sangat hijau. Bukit Wairinding semakin dikenal khalayak karena menjadi salah satu latar dalam film Mira Lesmana, yaitu Pendekar Tongkat Emas.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)